Memilih Pisau

Memilih pisau yang tepat bisa menjadi pekerjaan yang sangat sulit, pemilihan pisau yang tepat melibatkan banyak hal, Selera, citarasa, kekuatan ekonomi alias ketebalan dompet dan lain sebagainya, tetapi satu yang paling penting adalah kebutuhan kita untuk apa pisau itu digunakan. Pisau yang digunakan untuk memotong kertas akan berbeda bentuk dan bahannya dengan pisau yang digunakan untuk berburu. bahkan pisau untuk berburu pun akan beda bentuk dan bahannya antara pisau untuk berburu di daerah rawa-laut dengan pisau untuk daerah hutan-gunung.
Kita mulai saja pemilihan pisau ini, kita mulai dengan dua bentuk dasar pisau, pisau dengan bilah tetap dan pisau dilah lipat.
Pisau bilah tetap (eng:Fixed Blade) adalah pisau yang didesain dalam posisi yang tetap, siap digunakan. pisau-pisau pada umumnya yang digunakan di dapur mempunyai bentuk ini.sangat banyak produsen pisau memproduksi pisau jenis ini, salah satu diantaranya adalah pembuat pisau terbaikIndonesia, T Kardin Pisau Indonesia.
Sementara pisau bilah lipat (eng:Folding Knives) adalah pisau yang bilahnya bisa dilipat, sehingga pisau bisa dilipat ke dalam gagang. Victorinox adalah produsen pisau jenis ini yang sudah dikenal. Secara umum masing-masing pisau mempunyai keunggulan dan kerugian sesuai dengan kebutuhan untuk apa pisau itu digunakan.
Untuk lebih mengkerucutkan sekarang kita persempit, anggap kita ingin mencari pisau untuk kebutuhan camping/berburu atau kegiatan outdoor lainnya.

BENTUK BILAH
Bentuk bilah bagian paling penting dari pemilihan sebuah pisau, bentuk bilah akan selalu menunjukkan untuk apa pisau itu digunakan. selalu perhatikan bahwa pisau untuk menetak, berbeda dengan pisau untuk menyayat. pisau untuk memotong daging hewan besar seperti rusa berbeda dengan pisau untuk membuat fillet ikan. Bila kita menyembelih ayam akan berbeda dengan menyembelih rusa. menggunakan pisau jenis Bowie untuk menetak/memotong dahan adalah kuang tepat, sekalipun itu bisa dilakukan. Dan pengalaman saya sekalipun digunakan dan dinamakan pisau buru, sangat jarang sekali pisau digunakan sebagai pelumpuh hewan buruan yang utama, selalu digunakan senapan, jebakan atau alat lainnya untuk melumpuhkan hewan buruan, atau anda memang membutuhkan pisau yang ingin anda gunakan sebagai senjata bertarung satu lawan satu dengan babi hutan buruan anda ??
Selalu pilih bilah yang tepat dengan penggunaan anda, pengalaman saya untuk pisau yang dibawa saat camping, di tempat yang membutuhkan pisau tentunya, selalu membawa dua pisau dengan fungsi yang berbeda. Pisau untuk tugas berat seperti memotong dahan, menetak pohon, memotong tulang, dengan bentuk yang agak sedikit besar dan tenaga yang berat seperti golok dan semacamnya dan pisaun untuk tugas yang lebih ringan dengan ketajaman lebih tinggi untuk menguliti, menyayat dan lain sebagainya.

BAHAN
Pemilihan bahan kemudian menjadi pilihan utama dalam pembuatan pisau. jika sering bepergian ke daerah pantai gunakan selalu pisau yang mempunyai ketahanan korosi yang tinggi. Bila pisau untuk hiasan, gunakan pisau bertekstur/baja pamor. tetapi pengalaman menunjukkan bahwa belilah pisau dengan harga tertinggi maka akan mendapatkan pisau dengan bahan terbaik, karena bentuk kan sesuai selera.

sementara demikian.. selamat memilih..

14 comments:

  1. Halo Bro,mantep blognya. kebetulan saya ada pisau rencong dari orang..boleh beritahu gak perawatan apa saja yang diperlukan?apakah boleh diasah begitu saja dgn batu asah?atau bro bisa kasih petunjuk di link mana yang ada tertulis cara perawatannya... Terima kasih..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, semua pisau pada dasarnya harus diasah, cuman disesuaikan denga kondisi cebelumnya, kondisi saat ini finishing mirror atau satin atau karatan sama sekali ? ada mikro bevel nggak ? kalo mirror finish atau satin diasah bagian tajamnya saja, tapi kalau karatan total kerjaan agak banyak, sementara kalau karatan total diasah dengan batu biasa pun nggak masalah.
      Belum ada artikel khusus perawatan mudah-mudahanlain kali bisa ditulis deh.... silahkan dibaca-baca saja dulu semoga berkenan

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Blog nya mantabs pisan euy....

    Saya memilih pisau buatan sendiri saja...murah meriah. Kalau 'hand-made'kan setiap pisaunya unik, nggak pernah ada yang sama.

    Bahannya dari barang bekas namun kualitas tetap bagus kok. Bikinnya di perajin di Cisaat Sukabumi. Bajanya tahan karat. Saya bikin pisau kecil -blade 8cm- yg didesain untuk bisa buka durian dengan nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantaaapppp... kapan-kapan di share link foto pisaunya ke sini..

      Delete
  4. kamu bodoh ya semua itu nggak penting. kalo model bilah yang bisa semua itu "drop point"..........pasti kalian nggak tau. lihat ke sini http://survivalcache.com/survival-knife/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap menuju TKP, sayang namanya anonymous... jadi susah diskusinya nih..

      Delete
  5. Wah... blog ini mengingatkan saya 25 tahun yg lalu bang.
    Dulu waktu SMA saya gk sengaja main2 di belakang rumah kakek & nemu tempaan dari potongan rel + palu tempa yg gede. Iseng2 sepulang sekolah saya bikin pisau dari logam strip yg saya ambil di gudang, saya panasin itu besi pakai kompor minyak tanah sampai agak merah trus saya lipat, terus saya tempa lgi begitu dst sepulang sekolah sampai lupa berapa lipatan & iseng2 waktu melipat saya selipin kawat di lipatannya entah kawat itu saya bentuk bulat2 atau huruf S, dll ( maklum gk ada ilmu bikin pisau ).
    Kemudian saya asah & saya kasih gagang dari akar bonggol bambu. Saya puas banget bang, permukaan pisau saya meski hitam kusam tapi banyak sekali alur2 gelombang yg tipis mirip awan.
    Sayangnya... kegiatan saya selama 1 semester tsb di ketahui ibu & akhirnya dirampas, soalnya ibu khawatir pisau tsb mau dibuat yg macam2. Sampai sekarang klo ke rumah kakek saya selalu tersenyum teringat kembali hal itu... Hehehe....

    Ok bang salam kenal & sukses..... (Setyo, Malang)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mas Setyo,... senang mendengar ceritanya,.. waduh sudah bikin Sanmai Steel dong..Lol.. kapan-kapan kalo ketemu difoto aja mas... Ilmu bikin pisau mudah koq mas, ada beberapa postingan disini yang bisa dipraktekin, kita belajar bareng aja..:D

      Delete
  6. Akang bisa kasih rekomendasi (merk / blacksmith) knife yg bagus? Soalna abdi tingali dina toko / mall / online store, seueur merk2 china & materialna stainless. Btw, perkawis pisau / belati china kualitasna kumaha kang? Terimakasih atas penjelasannya....

    (Setyo, Malang)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. banyak bladesmith yang bagus, pisau yang merk China murni sementara recomended Sanremu, Ganzo, Navy, kisaran harga diatas 150 rebu, coba cari yang bahan blade nya tidak hanya stainless tapi spesifik, misal 8Cr13Mov. Merk lain misal Spyderco merk USA tapi banyak kok yang made in China, sering main ke Bladeforum buat liat perbandingannya. Kalo Bladesmith Indonesia, T Kardin, Caribou, Pandawa, Kang Dadan Imfaros, banyak yang bagus. Bladesmith luar lebih banyak lagi.
      Kualitas Belati China sebenernya gimana merk juga, saya pernah dapet Colt sama Ka-Bar made in China bagus tapi itu juga masih gimana makernya, biar nggak asal beli coba hubungi equator knife di Jakarta atau rekan anggota Indonesian Blade di Malang mungkin punya beberapa contoh pisau China yang bagus.

      Delete
  7. Mas, minta saran merk pisau dalam negeri yang bagus apa ya? Harganya yg low end aja.. he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bicara merk, waduh kayanya belum hafal nih yang pake merk, tapi kalo yang nyantumin nama makernya, banyak, rata-rata buatan dalam negeri yang saya hafal custom, yang harganya cingcay bisa coba pandawa knives, dari yang murah ke mahal ada, atau kalau coba cari yang lengkap ke equator knive di lindeteeves jakarta. Semoga bermanfaat

      Delete