Memilih Pisau 2

Selalu saja ada yang bertanya bagaimana cara memilih pisau, dan seiring berjalannya waktu dan melihat kecenderungan di dunia perpisauan jawaban atas pertanyaan ini selalu berubah. dan hari ini ada sudut pandang lain yang bisa dilakukan untuk menentukan bagaimana cara kita menentukan pisau yang paling tepat untuk kita.

Yang pasti membeli sebuah pisau tidak melulu membeli bahan, tidak melulu membandingkan bahan mana yang paling baik, asal tahu saja, untuk bentuk yang sama beberapa knifemaker bisa mengeluarkan pisau dengan dua atau tiga jenis bahan berbeda, sebut saja ColdSteel Trailmaster, ada pilihan baja SK5, ada pula Sanmai 3 dua duanya punya kelebihan dan kekurangan dan dua-duanya mahhal... tapi sekalipun pilihan akhirnya jatuh ke pisau yang KW, yang bajanya sendiri nggak kita kenal, setidaknya fungsi pisau tersebut tidak berubah menjadi pisau dapur, tetap sebuah Trailmaster dengan bentuknya yang khas. yang saya sukai tapi nggak terlalu ingin punya.

Ok, Lanjut !

Hal yang utama dalam membeli pisau selalu dan tidak pernah berubah, KEBUTUHAN
Makna kebutuhan ini luas, seluas luasnya, tidak terbatas, bisa untuk nyembelih hewan qurban, buat kerja sehari-hari karena kerjaannya Chef,  buat hadiah kekasih, Survival di Gunung, buat pisau Everyday Carry, sengaja ngeracunin temen di forum, jadi Ninja di Mall,  Buat menetak, buat Senjata, Buat Tool, sekedar ngisi lemari pajangan,  buat buka surat, biar keren, biar disebut kolektor, biar bisa updet status di forum, apapun sebut satu hal itu kebutuhannya itu bisa jadi alesan beli pisau, Kenapa?
Karena pisau alat tertua yang dimiliki manusia, banyak hal dalam kehidupan keseharian kita yang menggunakan pisau hanya karena pisau mudah disalahgunakan maka pisau  selalu mendapat penilaian yang agak 'berbeda' you know laaah !

Nah setelah menyatakan dalam hati butuh pisau, tanya sekali lagi butuh pisau nggak ? kalo emang butuh ini trik kedua, trik ini gw dapet dari Master Forum Pisau Indonesia, mbah Gimbal, nama aslinya nggak tahu, triknya adalah : RISET

Kenapa Riset ? melalui riset kita akan tahu banyak hal, contoh mulailah dari kebutuhan pisau apa yang kita butuhkan, maka dengan riset kita bakal tahu bahwa ratusan jenis pisau bisa memenuhi kebutuhan kita. Ambil contoh : " Saya butuh pisau lipet mahal !" lalu ketik di gugel :" Most expensive folding knives" maka minimal yang akan muncul adalah gambar pisau disamping, ini gambar gw ambil dari bladeforum, lanjutkanlah riset itu dengan siapa yang buat, berapa harganya, ada dimana pisau itu gimana cara ngedapetinnya dan selanjutnya dan seterusnya.

Banyak banget kelebihan RISET ini, seperti sudah ditulis, dengan riset kita tahu pisau yang kita inginkan itu buatan mana, apa kelebihannya, apa kekurangannya, apa bahannya, gimana reputasi pembuatnya, ini yang penting lagi KW nya berapa banyak, gimana bedain yang KW sama yang ORI, bagus mana KW sama ORI, siapa yang jual? siapa yang bisa bantu adain, gimana reputasi penjualnya, dimana harga yang paling reasonable, gimana review dari pemakai pisau yang lain, catatan apa aja yang ada  pokoknya banyak.

Sampe akhirnya kita akan yakin dengan pisau yang akan kita beli, nggak lagi dipusingin dengan ini bahannya asli ato bukan? ini kemahalan ato enggak, yang akhirnya tujuan kita beli pisau akhirnya terlupakan dan lebih disibukkan dengan hal-hal sepele yang seharusnya sudah harus dipertimbangkan sebelumnya. Kita nggak lagi sakit hati dengan kenyataan kita dapet pisau yang ternyata nggak sesuai dengan harapan. Sabar dan gigih sedikit dalam riset tentang pisau yang kita inginkan tidak akan merugikan.

Lebihnya dengan riset kita bisa lebih tahu hal tentang pisau yang kita beli, nggak bakal ketipu, tapi jangan dipake buat nipu orang laen juga.  

Selamat menentukan kebutuhan dan Riset !



2 comments:

  1. Kang Gia emang Mantep...Bijaksana...Saluuuuuuuttttttttt....emang harus sesuai KEBUTUHAN itu yg benar kang....barang bagus ga pernah dipake rasanya sia-sia aja menurut saya....


    ReplyDelete
  2. Baris ka dua, nalika di mbah gugel ngoreh fungsi trail master, nuhun lur

    ReplyDelete