Upgrade #thinkHARD Forge, Pembuatan intake burner

Upgrade ini adalah yang pertama dilakukan untuk #thinkHARD Forge, pada umumnya bagian ini adalah bagian yang paling banyak diperhatikan oleh para pembuat forge akan tetapi demi menekan biaya produksi di awal pembuatan maka bagian intake manifold ini ditangguhkan dan baru bisa dibuat kali ini.
target pembuatan intake manifold ini adalah untuk mempercepat aliran udara masuk dengan memanfaatkan dorongan dari spuyer yang telah ada, dengan mempertimbangkan desain tungku awal sehingga tidak banyak membutuhkan penambahan alat dan bahan.
Intake manifold ini dibuat dari alumunium, dengan proses casting. dan machining di akhir
selanjutnya kita langsung ke gambar


ini desain aslinya,... gambar yang di sketch dari banyak gambar di gugel, beberapa burner milik rekan-rekan tambah ini tambah itu, kurang lebihnya merujuk pada lubang venturi dari karburator dan barang-barang lain yang menggunakan venturi sebagai basis kerjanya.


Lalu membuat masternya dari berbagai pipa, ditambah berbagai dempul, kertas lem, ini dan itu..:D


setelah ada modelnya dibuatlah cetakannya, dengan bahan alumunium,... kembali untuk menekan harga walau berarti hanya akan bertahan paling banyak 200 kali penuangan,... lagi pula berapa banyak sih pembuat pisau di indonesia yang membutuhkan barang ini..:D


nah yang ini cetakannya beberapa buah, ada yang untuk core untuk mencetak pasir, body dan setingan angin..

nah ada beberapa proses yang lupa belum diabadikan, yaitu proses casting, dan beberapa kali machining, untuk casting saya lakukan di pabrik pengecoran sementara untuk machining sedapat-dapatnya dilakukan di bengkel jayagiri, dengan mesin seadanya.

Setelah dipasang dengan semawar 201 dan pipa burner sebelumnya yang dibalik, 
lalu hasilnya,.... sepertinya datang aja ke jayagiri untuk membuktikan perbedaan tembakannya
semoga berkenan..

5 comments: