Membuat Burner Murah

Memiliki burner yang murah, berfungsi dengan baik selalu menjadi impian saya, mungkin... sekali lagi mungkin ini juga keinginan dari beberapa teman yang mempunyai hobby membuat pisau. Untuk hal ini jangan ditanya berapa rupiah yang sudah keluar, berapa waktu dan pemikiran sudah tercurah... yang pasti kalau saya harus beli satu burner mahal dari ebay atau toko knifemaking di luar negeri kayanya saya sudah punya satu set burner bagus deh..:D
Jadi sebagai ajang balas dendam kali ini Saya posting bagaimana Saya membuat burner untuk #thinkHARD Forge Saya, nggak usah pusing kenapa saya posting, atau kenapa nggak dijual aja...kalo ada yang mau beli di saya silahkan, kalo ada yang mau bikin sendiri juga silahkan, toh yang manapun saya membuatnya dengan cara yang sama.
Sebelum dimulai silahkan baca perhatian ini :
Teknik pembuatan ini mungkin bukan termurah atau bahkan terbaik dan teraman, tapi ini bekerja. Bekerja dengan api dan gas yang mudah terbakar selalu merupakan pekerjaan BERBAHAYA, untuk mereka yang melihat bahayanya lebih besar dari keuntungannya, jangan coba-coba membuat apalagi mengoperasikannya, Semua kecelakaan yang mungkin atau telah terjadi setelah membaca atau mempraktekan apa yang ada di tulisan ini ditanggung masing-masing.
Okey cukup perhatian dan bla-bla-blanya. bahan dan alat yang disiapkan
1. Pipa besi  diameter 1"(2,5 cm ) panjang 25 cm, dan diameter 1,25"(3 cm ) 10 cm

 2. Kompor semawar beli baru, atau bekas sama saja.. bekas kayanya lebih murah

 3. Baut M6 (dipilih karena hanya punya hand tap M6)
 4. Mur dan ring kunci 17...pemilihan ini mungkin berbeda.. ikuti aja step selanjutnya
 5. Slang gas/ selang las.. ini kenapa jungkir.. rotate yang mana yah ??

 6. Regulator tekanan tinggi... bekas juga lebih murah.... :D

 7. Klem selang sebanyak mungkin.. :D

lanjut ke pengerjaan.
Pertama bor pipa 1 " menggunakan mata bor 5 mm  sebanyak 24 lubang. posisi pengeboran pada satu sisi dengan bentuk dan jumlah pada foto selanjutnya, tekniknya mudah saja bor pertama paling ujung jarah 1 cm tembus, geser lagi 1 cm bor tembus lagi, geser lagi bor tembus lagi, putar pipa 90 derajat lakukan hal yang sama, lalu sisa diagonalnya, total 12 kali bor tembus.
 Setelah itu buat alur drat M6 menggunakan tap untuk satu lubang yang berhadapan di lubang paling pinggir, cukup dua saja. Kalo susah dan nggak ngerti bawa aja ke tukang las biasanya mereka punya alat-alatnya minta aja diginiin digituin...

 Untuk besi 1 1/4 "yang akan berfungsi sebagai diffuser, cukup buat satu lubang (atau dua berhadapan) dan di tap M6 juga

Berikutnya untuk semawar, kita bongkar, sehingga tersisa ini,

 Dan mur 17 serta ring tadi dimasukkan, ring dan mur ini gunanya untuk mengunci pipa burner tadi.
selanjutnya pemasangan selang gas pada regulator... tring regulatornya berubah ( off de record, regulatornya failed jadi musti lari lagi ke toko buat digantiin, )

selanjutnya... jungkir lagi..:(
 pipa yang sudah di bor tadi dirakit seperti ini...

 Selanjutnya diuji coba , it works !

 kebetulan bikin dua sekaligus, kita uji saja..... aduh nafas api nya nggak keliatan...

Okey itu saja.... total hanya untuk satu burner, habis 215 ribu (harga berubah sewaktu-waktu), kalo dua burner tambah 80 ribu lagi saja tapi jangan harap saya jual seharga itu (Laganya itu kaya yang mau jualan aja... hahahah), kalau mau harganya segitu bikin aja sendiri okay !! sekali lagi ini mungkin byukan yang teraman, bukan juga termurah jadi jangan tiru kalau takut.

Untuk pembuatan forge nya sendiri akan di bahas nanti kalau fotonya tersedia, semoga berkenan dan bisa membatu risetnya yang lagi riset...



59 comments:

  1. sedikit tips untuk yg kesulitan nge tap....
    lubang yg harusnya di tap dibikin agak gede, diameter 7/yg penting mur M6 ga nyemplung... trus mur M6 di las di lubang tadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu bisa mas..:D mantapp makasih tambahannya..

      Delete
  2. trima kasih, atas inspirasinya mas gia...
    salam hormat dari nyubi

    ReplyDelete
  3. hahaha nyengir aja ah :D mamang satu ini ga ade mati nye klo DIY stuff ^_^

    ReplyDelete
  4. Ahaa. Salam pulau lengkuas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh-aduh-aduh........ koq anomymous....ini masnya yang jaga mercusuar ato yang mana ya?..... heuehuehu

      Delete
  5. Salam Kenal,
    Pertama tama saya sangat suka artikel2 di blog ini.
    kedua saya banyak pertanyaan mengenai tulisan diatas
    - itu tempat untuk menempatkan kedua burner itu apa Kang?
    - kira2 budgetnya berapa itu tempatnya kang?
    - apakah kegunaan burner itu kang?
    - apakah bisa digunakan untuk Harderning?
    - bisa mencapai panas api berapa derajat kang?
    Maaph banyak nanya karena ga ngerti...
    terima kasih atas responsenya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf agak telat buka ..:D
      - saya sebutnya forge housing, ini nama suka-suka saya aja, karena unit ini namanya forge, termasuk burner sama housingnya
      - Budget untuk tempatnya berkisar antara 300 - 500 ribu, gimana murah enggaknya tukang las sama ongkos kerja, yang paling mahal bahan-bahan refractorynya.
      - burner untuk pemanas, kalo unit ini saya gunakan untuk Tempa, HT, annealing, normalizing pokonya yang perlu panas tinggi saja.
      - Bisa dipake untuk hardening
      - Untuk panasnya, saya pernah coba untuk welding bisa.... jadi mungkin diatas 900 derajat. (maaf belum dicoba diukur..)
      - ga apa-apa... saya seneng ada yang baca..:D

      Delete
    2. bantu kasi keterangan lebih lengkap aja karna saya juga pake burner yg sama .. itu forge nya bisa sampai 1300 drajat celcius ( suhu paling tinggi yg pernah saya coba) di ukur pake thermogun dan pake thermo couple buat tungku furnace .. semoga membantu

      Delete
    3. makasih tambahan infonya, sangat membantu buangetz

      Delete
  6. Kang, punten saya mau lanjut nanya lagi.
    Saya sudah ikuti langkah2nya tapi hasil burnernya ga sesuai tuh Kang.
    Itu kompor mawarnya 201 atau 202 atau 203??
    Kalau bisa ditambahkan foto detailnya lebih jelas 24 lubang yang dimaksudkan dalam pipa utama.
    Kalau boleh saran sich Buka PO kang... heheheee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh maaf mas Eddie, komen nya masuk spam baru saya baca.. semawar yang saya pake 201 dan 202, kadang 201 dua-duanya tapi salah satunya diganti spuyer beberapa sudah saya jual, barangkali berkenan silahkan check fan page tempat jualan saya the gunnar shop di https://www.facebook.com/pages/Gunnar-Shop/344925108872390

      Delete
    2. Assalamu'alaykum..
      Salam kenal kang Gianjar.. :)
      Saya mau tanya, mana lebih baik utk digunakan, tipe kompor mawar 201 atau 202?
      Oya, saya suka artikel2nya, nambah ilmu saya, terimakasih banyak Kang.. :D

      Delete
    3. Waalaykum salam
      salam kenal juga
      selama ini saya pakai yang 201, dan kadang 202
      sudah saya coba keduanya nggak terlalu banyak pengaruh kecuali harga yang beda 20 ribu..:D
      makasih, semoga bermanfaat..

      Delete
  7. juooosssss Om Gia......perlu dicoba ini...

    ReplyDelete
  8. pak boleh tanya....kalau beli peredam panas dimana dan berapa harganya ya ....trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, kalau di bandung ada beberapa toko, tergantung density dan ukuran, kisaran harga antara 600-900 ribu untuk satu gulung ...

      Delete
    2. Mas itu kompor bahan bakare opo yo? gas atau minyak tanah??

      Delete
  9. jarak lubang suplai anginnya itu ada hitungannya atau terserah kita kang...nuwun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya penting, tapi faktor yang mempengaruhinya banyak diameter lubang, tekanan gas keluar dsb-dsb akan kebih mudah kalau bikin yang bisa distel aja.. jadi tinggal dipstekl maju-mundur disesuaikan kebutuhan

      Delete
  10. Kang diffuser nya penting ndak?
    Trus api saya kok wus wus wus kyk step gitu apa gas saya kurang?
    Yang terakhir apa emang suaranya kyk harley?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngeblebek gitu ? berarti kegedean,...tekanan gas kurang..atau lubang kurang maju/mundur...haduh musti langsung dilihat..:D

      Delete
  11. tambahan,gan kok api saya kaya kompor biasa,gk kyk di gambar?,minta solusinya gan!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. regulatornya ganti pakai gas tekanan tinggi...jangan regulator ambil di dapur.. ntar penguasa dapur marah...

      Delete
  12. Bagi infonya mas. Tabung yg di gunakan itu bekas apa ya mas. Kemudian untuk peredam panasnya itu bisa pake glasswool knalpot motor gk ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan ,saya pake gaspul knalpot yg tahan api

      Delete
    2. seperti dikatakan oum santet tet, pada dasarnya semua bahan bisa digunakan untuk membuat ruangan bakar selama bahannya tidak terbakar yang paling sederhana pakai bata merah, bata tahan api atau apapun, saya pakai tabung bekas freon dengan pelapis fibre ceramic 100 kg/M3 dengan ketahanan bakar sampai 2400 derajat celsius

      Delete
  13. gan knp burner bikinan ane kok warna apinya merah ya nggak biru ,padahal ane ngikutin cara yg dari agan ?

    ReplyDelete
  14. Gan tolong postingin modifikasi kompor gas api sebesar api lilin

    ReplyDelete
  15. Gan tolong postingin modifikasi kompor gas menghasilkan api sebesar api pada lilin

    ReplyDelete
  16. om kalo langsung lobang difusernya aja ngga ngaruh apa" kan, takunya meledug pas dicoba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya lobang diffuser langsung dinyalain api ? udah pernah nyoba sih... nggak nyala...:D kebanyakan angin

      Delete
  17. Ini prinsipnya mirip korek api yang model jet, api las...

    ReplyDelete
  18. Mohon pencerahan... Kalau pemasangan yg pipa 1.1\4" bagaimaana... Saya masih kurang paham... Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf telat ya....sepertinya harus dibikin video ya.. pipa yg itu sebenernya hanya dikunci pada pipa yg lebih kecil, kalau ada las senenernya di las juga papa

      Delete
  19. Kang gia ane udah beli regulator tekanan tinggi,itu muternya di full-in atau cuma putar sedikit?

    ReplyDelete
  20. Salam mas gia,ane pesen pipa + smawar nya tanpa selang yg udah jadi. Kontak 087871350234

    ReplyDelete
    Replies
    1. wad maaf suka kelewat lama kalau buka blog, di messe via WhatsApp aja ke 0817439897

      Delete
  21. Keren...kalau mau buat mmg butuh ketekunan, tapi bagi para maker bilah yg dah terbiasa bergelut dg ketekunan ,optimis bisa buat sendiri

    ReplyDelete
  22. Mas, apa ada pengaruhnya, burner gas atau minyak tanah?.

    ReplyDelete
  23. beli peredam panas untuk di bandung dimana dan berapa harganya ya?

    ReplyDelete
  24. web yang bagus dan memiliki isi artikel dan vidio youtube yang kerean, sya menyukainya
    Gas burner Baltur

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf kehapus salah klik jawab.... saya nggak bisa undone..:( boleh di dhare foto burnernya

      Delete
  26. Mas.,kalo spuyernya agar apinya lebih Joss lagi pakai yang ukuran berapa mas?

    ReplyDelete
  27. om gia maaf saya mau tanya nih karna ada rencana mau bikin juga, kalau pakai smawar satu mampu gak manasin bilah sampai titik lebur seumpama buat bikin bilah tempa lipat?

    ReplyDelete