Pisau Kuat VS Pisau Keras

Pisau yang bagus sering diidentikkan dengan pisau yang kuat, tajam, tidak mudah patah, penampilan yang bagus dan lain sebagainya. namun diantara semua karakteristik yang di tunjukkan diatas karakteristik manakah yang paling dicari? tajamkah? kuatkah? baguskah?
Secara umum para pengguna pisau dimanapun sepertinya punya satu keinginan yang sama, memiliki paisau yang baik dan dapat diandalkan, tetapi seperti pepatah yang mengatakan tidak ada satu hal buatan manausia yang sempurna, seperti itu juga halnya dengan pisau.
Dalam dunia metalurgi kata-kata kuat, dan baik ini telah lebih spesifik dibedakan, dan semuanya tidak pernah disamakan. Selalu terdapat perbedaan antara Keras, tangguh, kuat, liat dan lain sebagainya. Nah bila bertanya kearakteristik manakah yang harus ada sehingga sebuah pisau dikatakan bagus,. tentu jawabannya adalah semuanya. Namun apa boleh dikata, karakteristik ini terkadang berbanding terbalik diantara semuanya, ambilah satu contoh, Keras (Hard) dengan tangguh (Tough). Kekerasan (Hard,hardness ) diartikan sebagai ketahanan suatu bahan dalam menerima perubahan plastis, ada pula yang mengartikan ketahahan suatu bahan untuk menerima penetrasi bahan lainnya yang mempunyai kekerasan lebih tinggi, kekerasan ini dinyatakan dalam skala penguji seperti MOHS, Hard Brinell (HRB) atau Hard Rockwell (HRC). lawan dari hardness adalah softness. Sementara Ketangguhan (toughness) adalah ketahanan seuatu bahan untuk bertahan dari keretakan saat menerima tekanan, dan kebalikan dari ketangguhan ini adalah kegetasan (brittleness).
Secara logika pembuat maupun pemakai pisau dimanapun menginginkan sebuah pisau yang mempunyai kekerasan yang tinggi sehingga dapat diasah setajam mungkin tetapi juga mempunyai ketangguhan yang tinggi sehingga mampu menerima beban tebasan yang tinggi, nah...bagian serunya dimulai sekarang, bila sebuah bahan diperlakukan hingga mencapai kekerasan tinggi melalui treatment panas, maka tingkat kegetasan (brittlenes) bahan tersebut akan meningkat, hal ini sangat tidak diinginkan, ya siapa ingin pisaunya tajam tapi mudah pecah..:D
teknik untuk mengurangi kerugian atas meningkatnya kegetasan ini diataranya dengan, memperkeras hanya bagian edge nya saja, menggunakan bahan lain yang lebih lunak sebagai pelapis bagian yang lebih keras, dan mengunakan penghitungan inertia momen yang lebih baik.
Jadi kalau muncul pertanyaan pisau mana yang lebih baik pisau keras atau kuat/tangguh? jawabannya yang mana yang dibutuhkan, pisau yang membutuhkan ketajaman tinggi akan membutuhkan kekerasan tinggi tetapi pisau yang membutuhkan kemampuan segala medan akan membutuhkan ketangguhan yang tinggi.
Atau mungkin lebih mudah bilang pisau dengan harga yang tinggi berarti pisau yang bagus baik kekerasan maupun ketangguhannya..:D


10 comments:

  1. http://i304.photobucket.com/albums/nn189/mesmew/pertamax-2.jpg

    ReplyDelete
  2. ya kalau mesti pisau mahal jadi andalan ya ga bsa tiap orang jangkau..yg bagus pisau yang merakyat

    ReplyDelete
  3. @ wah ada jualan pertamax juga..:D
    @ setuju pisau bagus yang merakyat, tinggal ditanya rakyatnya butuh pisau kaya gimana, pisau everyday use, yang hanya digunakan untuk bawang akan beda dengan pisau koleksi...

    ReplyDelete
  4. kayaknya dalam kasus ini kita dipaksa harus mengakui:''duit gak bo'ong'' :D

    ReplyDelete
  5. @bang aryo... yaaa gitu deh..... hihihihi jadi malu.....ada pisau yang lama ngendon di rumah.... yang itu bukan duit loh alesannya.....!!!!

    ReplyDelete
  6. blognya mantap, kang gia jadi bandar bedog euy...hehe
    aku ikut nimbrung ah,
    http://ghaitsconsultant.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beuh kang Hermanuloh, master ilmu permesinan ini mah....salam Cutting Speed kang... heuehuehu blognya informatif juga, tetap menulis dan menyebarkan ilmu :D

      Delete
  7. kang gia ieu blog abdi digentos janten ieu
    http://www.hermanuloh.com/
    sareng
    http://www.mymachineinfo.com/
    yuk urang nyebarkeun virus di dunia maya
    hehe

    ReplyDelete