Mengapa Pisau ??

Pisau...
beberapa mengasosiasikan pisau dengan kejahatan, dunia hitam dan lain sebagainya. tapi percaya atau tidak, pisau telah membawa manusia ke tingkat peradaban yang lebih tinggi. Sejak pisau primitif pertama dibuat, pisau telah menjadi teman bagi manusia. Dengan pisau manusia primitif menemukan lebih mudah untuk mengumpulkan bahan makan. Melalui pengembangan teknologi bahan pisau, pisau kemudian ditemukan dalam berbagai bahan, kayu, batu, perunggu, perak, besi, ceramic metal, api, air.....ya... bahkan api dan air telah dapat dibuat menjadi pisau.

Akhirnya pisau telah menjadi teman hidup manusia. setinggi apapun teknologi yang ada , tingkat keindahan seni, selalu tergambarkan dalam pisau.
Fungsi pisau pun beragam, sekedar dari pemotong kertas, berburu, hiasan, pemotong baja, sampai simbol pengangkatan kepala pemerintahan.
Beribu buku telah terbit, beragam ilmu yang terlibat, ribuan orang menjadi fans,.. tetapi tetap saja... selalu berhati-hati dengan pisau.

14 comments:

  1. ya memang segala sesuatunya juga tergantung bagaimana cara pandang kita. dan tergantung kita menggunakannya seperti apa, betul juragan? hehehe...

    ReplyDelete
  2. Blog yang menarik. Jadi ingat pesan alm. bokap. Dia bilang jangan sembarangan pake pisau, bukan buat gagah2an. Alasan mengapa lelaki bawa pisau, karena sebagai pengganti tulang rusuk kiri yang diambil Tuhan untuk menciptakan Hawa. Jadi pisau itu musti ada 'nilai' atau kecocokan dengan diri kita.
    Pisau bokap gue dia bikin sendiri dari bahan cakram rem, biasanya buat berkebun.

    ReplyDelete
  3. nah quote yang menarik nih......thanks boss.... akhirnya tahu kemana tulang rusuk yang hilang itu.....

    ReplyDelete
  4. Saya pun merasa malas jika pergi keluar rumah, main, anjangsana k tempat kerabat, kemanapun... Tanpa membawa pisau. Ya, saya rasakan pisau sering membantu kegiatan saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai peraturan memang lebih bersahabat dengan kebiasaan kita membawa pisau, selama diperlakukan/dibawa dengan benar, tidak bersifat atau terlihat mengancam sebenarnya tidak ada masalah.. membawa pisau seperti halnya membawa kamera, itu adalah sebuah alat, bahkan isi yang ada dalam sebuah kamera bisa jadi lebih membahayakan daripada pisau.

      Delete
  5. Tulisan menarik! ...................... Like this!!!

    ReplyDelete
  6. maaf bang, mo nanya
    gimana cara membuat pisau atau pedang melengkung
    sewaktu penempaan (bukan sewaktu hardening seperti katana)
    adakah alat atau triknya biar lengkungannya bisa teratur
    seperti yg di inginkan.
    soalnya baru taraf belajar, baru bikin pisau atau golok
    yg lurus2, alat juga masih terbatas.
    terimakasih ---- slamet AB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman saya, kalau baja ditipisin di satu sisi tertentu, bagian edge, maka otomatis dia akan melengkung menjauhi bidang yang dipukul

      Delete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. mohon maaf bos,mau tanya soal baja damascus,,terus kira2 apa bahan yang digunakan itk membuat pedang VOC?mohon pencerahannya,,wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf khusus damascus saya belum buat tulisannya, lalu untuk pedang VOC, umumnya baja karbon,

      Delete
  9. wah pisau nya bagus nih buat potong makanan!


    Diskon merdeka, bayar pakai shopeepay diskon 21%

    https://shopee.co.id/pc_event/?smtt=201.3474&url=https%3A%2F%2Fshopee.co.id%2Fevents3%2Fcode%2F519532334%2F%3Fsmtt%3D201.3474

    ReplyDelete