Review Bedog Bahan Kikir

Setelah seminggu mengerjakan di sela-sela kesibukan, akhirnya satu Bedog diselesaikan. Bedog ini walaupun pengerjaannya standar saja seperti biasanya akan tetapi peruntukannya cukup membuat hati ini miris... "Review" satu kata yang terkadang terlalu menakutkan untuk dilalui tetapi apa boleh buat, akhirnya memang harus dilalui juga.
Pisau ini dibuat dengan semangat pembuatan pisau yang sangat standar. sangat sederhana murah dan bisa digunakan sehari-hari, tanpa kosmetik finishing dan lain sebagainya. hanya untuk Heat treatment saja yang agak sedikit berulang-ulang.
Adalah tuan Valerian Adiwikarta yang berminat untuk melakukan review bedog ini. dengan bantuan tuan Ryaya, videonya pun diupload, rasanya ada beberapa perlakuan yang dilakukan dalam rangka review ini saya pun hanya menunggu hasilnya saja.
Sekilas spesifikasi dari Bedog ini

bahan Kikir entah merk apa
teknik pembentukan Forge to Shape dengan bantuan mang endi, dengan penyelesaian Kikir
Heat Treatment, differential hardening tanpa temper....
Finishing, asah manual dengan batu
Gagang dahan jambu
Sheath kayu surian thanks to mang aja,

Penampakan bedog ini sebelum direview



Hasil review sementara dari penampilan jelas sangat minimal, pengerjaan yang kasar, gagang tanpa pin dan lanyard hole (yang sepertinya sudah mulai menjadi standar keamanan dan estetika dari pembuatan pisau di Forum Pisau Indonesia) warangka yang seadanya.

Selanjutnya

Video

kedua

ketiga



 
Keempat




Kelima



Keenam






Semoga berkenan yaaaa....








6 comments:

  1. Berapa harga bedog ini bang, kalau bener tajamnya setajam di video saya mau pesan nih tapi dengan bentuk seperti biolet...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tajemnya segitu itu baru standar tajem bang, masih banyak yang bisa ngasah jauh lebih tajem dari itu,.. Maaf nggak nerima pesenan lagi overload kerjaan,... btw model biolet itu model gimana ya ?

      Delete
  2. Mis numpang tanya kang, apakah differential hardening itu sudah auto tempering ? lalu apakah differential hardening sama kaya edge quenching atau clay coating? maaf kalau banyak nanya, lagi coba2 juga bikin pisau hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya coba jawab,... maaf kalo salah ya..:D
      Pada dasarnya tempering dilakukan secara terukur, dimana standar hardening yang tersedia pada chart pada umumnya mengejar kekerasan tertinggi lalu diturunkan sesuai kebutuhan dengan tempering, jadi makna auto tempering sendiri pada pengerjaan HT sebenarnya kurang familier (kecuali di dunia pisau dengan pengerjaan HT manual) jadi untuk differential hardening mungkin akan saya jawab tidak auto tempering, dengan alasan tidak jelas ukuran kekerasan sebelum dan sesudah terjadi tempering dan kapan tempering itu terjadi. Lalu untuk diff hardening, edge quenching atau clay coating semuanya dilakukan untuk tujuan yang sama, memperoleh edge yang keras tetapi back/punggung yang liat tentu saja hal ini agar pisau yang dihasilkan memiliki keunggulan tahan mempertahankan ketajaman di edge tetapi tidak mudah patah karena kegetasan.
      semoga berkenan

      Delete
  3. Maaf saya newbie, adakah beda ketajaman pisau berbahan kikir yang dibikin dengan forging & stock removal ? Apakah ada perlakuan khusus untuk mengasah pisau berbahan kikir ?

    ReplyDelete