Tabel Komposisi Kimia dan suhu Heat Treatment

Tabel berikut adalah tabel  yang terdapat pada buku Pengetahuan Bahan Teknik, karangan Prof. Ir. Tata Surdia MS. Met.E dan Prof. DR Shinroku Saito,  halaman 89 dan 90.
Tabel pertama adalah tabel Contoh komposisi kimia dan penggunaan Baja Perkakas Dingin  setara dalam bahasa Inggris mungkin Cold Work Tool Steel, kenapa bagian ini karena untuk pisau jenis-jenis ini umum digunakan. jenis penyebutan mungkin tidak sama dengan jenis pisau di pasaran tetapi sedikit banyak bisa disetarakan seperti contoh Untuk baja Per (spring steel) menggunakan baja Karbon sesuai dengan perkiraan kadar karbon, dan baja stainless steel masuk ke baja paduan. 
Tabel komposisi kimia dan  penggunaan baja perkakas dingin dilihat di bawah.

sumber : Tata Surdia, Shinroku Saito ,1995:89

dari tabel diatas untuk mereka yang menggunakan Stainles steel disesuaikan kadar Cr dan bahan lain seperti Wolfram (W) atau Molybdenum (Mo) nah apa guna tabel ini, sebenarnya hanya untuk acuan tabel berikutnya.
Tabel Penempaan dan kondisi perlakuan panas Baja Perkakas Dingin Sesuai dengan tabel 2.5
Sumber : Tata Surdia, Shinroku Saito, 1995:90

Okey sedikit penjelasan membaca tabel diatas, sederhana saja, saya ambol contoh baja Per dengan kadar karbon 0,65%. sesuai tabel 2.5 baja tersebut digolongkan ke dalam Baja Karbon 2 nah dari sini tinggal diurut ke arah kanan, langsung loncat ke penganilan bahwa untuk penganilan suhu yang dibutuhkan 750-780 derajat celcius diikuti oleh pendinginan lambat. Untuk pendinginan lambat ini sederhananya matikan tungku HT dengan benda kerja tetap berada di dalam tungku, dengan asumsi proses ini lebih lambat dibanding pendinginan udara terbuka, diharapkan akan mendapatkan benda kerja yang lebih lunak dibandingkan kondisi ternormalilsasi, dari tabel diperoleh perkiraan kekerasan hasil anil sebesar 179-201 Hard Brinell.
Sementara masih untuk baja yang sama dengan pencelupan dingin pada suhu pengerasan 760-820 akan diperoleh kekerasan diatas 54 HRC.
Beberapa perhatian yang diberikan pada proses Pengerasan Baja Karbon tinggi adalah terjadinya dekarburisasi, lapisan dekarburisasi ini sangat rentan menjadi penyumbang utama keretakan. Pada proses pendinginan yang terlalu lama juga akan meningkatakan kadar austenit dan selanjutnya-selanjutnya yang sederhananya akan mengakibatkan penurunan kekerasan, untuk menghilangkannya maka harus dilakukan penrlakuan dibawah nol (sub-zero treatment) dengan menurunkannya perlahan melalui alkohol dan kemudian CO2 padat.
Pusing ??? sama dong kalo nggak mau pusing beli aja pisau yang sudah jadi..:D
Semoga berkenan

No comments:

Post a Comment