Sarung dari PVC

Membuat sarung biasanya dibuat sebagai langkah terakhir dari pembuatan pisau, tapi percaya atau tidak, hampir seluruh penilaian pertama yang diberikan pada sebuah pisau diawali dari sarung ini, Sarung berbahan kulit memberikan cita rasa yang elegan, berbeda dengan bahan Kydex yang memberikan kesan kuat, kokoh dan sangar.
nah untuk kali ini saya coba membuat sarung untuk kukri a'la kahlil gibran dengan Kydex, langkah pertama yang harus dilakukan tentunya... mencari bahan kydex, namun ternyata sulitnya minta ampun akhirnya dengan sedikit berkreasi saya rubah bahan itu dengan........ PIPA PVC...........jreng !!!!!!
Nah ternyata buatnya nggak susah amat, modal pipa pralon 3 inch, mata itik seharga seribu rupiah, kompor gas dapet subsidi, bor dengan mata sesuai mata itik, kikir dan ampelas jadilah sarung itu...
Terinspirasi dari videonya Peter Atwood, inilah.. Sarung Kydex rasa PVC...atao sebaliknya kali yah sarung PVC rasa Kydex.. atau sarung PVC ajah.... ihihihi...

Ada yang berminat membuat ?? untuk referensi silahkan check gambar-gambar ini :
Langkah pertama, potong/belah pipa pralon, dan gunakan kompor untuk memansakan dan membentuk pralon menjadi lembaran, hal ini untuk mempermudah pembuatan pola, tentu saja nggak masalah kalo mau pralon utuh langsung di pres..... biar keliatan aja



 Ini hasilnya....


 nah yang ini agak bingung njelasinnya, yang pasti di press pake papan, pake busa dsb-dsb... kayanya lebih enak pake video... oke ntar pake video aja.. yang pasti pisau disimpan diantaralembaran PVC panas yang agak lunak, dilipat, dibentuk dengan bantuan busa dan kayu... 

Beberapa Kikir, bor dan tali prusik kemudian.... cring !!!, sengaja tidak di cat untuk memperlihatkan bahan aslinya..

8 comments:

  1. Assalamu'alaikum Wr. Wb
    pertama saya ucapkan terima kasih kepada kak kahlil gibran atau kak gianjar saribanon, mungkin keduanya aja deh....yang telah memberikan pelajaran bagaimana cara pembuatan sarung pisau dari PVC, saya juga membuat sarung KUKRI dari PVC sama seperti yang kakak buat.....
    namun mungkin dalam pembuatannya kurang rapi maklum pemula

    ReplyDelete
  2. @MzMLord... Waalaikum salam Wr.Wb...Sama-sama semoga bermanfaat....rapi dan tidak urusan nomer sekian.. yang utama mau saja dulu bikinnya, toh alat tersedia di kiri-kanan kita, boleh dong di share gambarnya... kirim aja ke gianjar@gmail.com.. nanti kita posting disini sekalian gambarnya..

    ReplyDelete
  3. Ide yang bagus, sdh sempat saya praktekan dan hasilnya memuaskan, ditambah balutan terpal ijo. Oya kalau pakai bahan resin bikinnya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dari resin.... belum sempoat dipraktekan agak sedikit berbeda dengan menggunakan PVC, mungkin bila ada kesempatan nanti saya upload... trims

      Delete
  4. Penasaran dengan yang di dalam sarung :-)

    ReplyDelete
  5. Bisa bikin sarung sajam jenis kerambit gak kang?!terima kasih norman tangsel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa,... tapi bisa dicoba dulu membuat sendiri mas...biar seru..:D

      Delete