Daftar Baja Yang sering dipakai Pembuatan Pisau

Ada sangat banyak bahan yang bisa digunakan sebagai pisau, mulai dari kayu, batu, perunggu, perak sampai bahan sangat rahhasia :D tapi secara umum yang banyak digunakan adalah Baja (Steel). Secara umum terminologi Baja adalah Paduan Paduan besi dan karbon, sengan kadar karbon antara 0,2 sampai 2,1 % dan dapat berbeda pada beberapa jenis baja.
Untuk penggunaan pada pisau semua jenis baja pada dasarnya bisa digunakan yang berbeda adalah hasil akhir, kekuatan dan ketahanan pisau tersebut. Secara umum penambahan bahan tambah lain seperti Vanadium, Chromium, Tungsten, Molybdenum sangat mungkin dilakukan untuk menambah keunggulan properties dari Baja. Dari penambahan inilah diperoleh jenis baja paduan baru seperti Baja Tungsten, HSS, Baja Chrome Vanadium dan lain sebagainya.
Stainless Steel adalah jenis Baja Paduan yang memiliki kandungan chrome tinggi, beberapa literatur membatasi baja jenis ini pada baja yang memiliki kandungan 10,5% sementara literatur yang lain pada 13%. Patut diingat dan diperhatikan Kata Stainless tidak berarti Anti Karat, tetapi tahan karat. Jadi, Sebenarnya masih mungkin berkarat pada batas-batas tertentu, Nama lain yang biasa dibubuhkan pada Baja jenis ini adalah Baja Inox (Inoxidable), atau CRES (Corrotion Ressistant Steel).
Kembali ke Baja untuk pisau, pada dasarnya semua baja bisa digunakan untuk pisau namun ada beberapa baja yang umum digunakan diantaranya :


  • 154 CM: Carbon 1.05 %; Manganese 0.5%; Chromium 14%. baja Paduan Karbon tinggi, sangat keras pertama digunakan pada pisau 1972. Pisau buatan Gerber dan  Benchmade.
  • 420: Carbon 0.15%-0.6%; 1% Manganese; 12-14% Chromium. Tidak termasuk yang mahal tapi keras
  • 420HC: Carbon 0.5-0.7%; Manganese 0.35-0.9%; Chromium 13.5%. populer untuk pisau, Pisau  buatan Gerber dan Buck
  • 440A: Carbon 0.60-0.75%; Manganese 1.0%; Chromium 16.0-18.0%. Paduan Tinggi Carbon tinggi tinggi krom conto pisau SOG SEAL 2000.
  • 440B: Carbon 0.75-0.95%; Manganese 1.0%; Chromium 16-18%. Dipakai oleh Randall Knives.
  • 440C: Carbon 0.95 - 1.20%; Manganese 0.40%; Chromium 17.0%; Vanadium 0.50%; Molybdenum 0.50%.  Paling populer paling banyak pisau pake ini, cukup enak untuk dikerjakan tetapi keras seteleh heat treatment.
  • ATS34: 154 CM Carbon 1.05%; Manganese 0.4%; Chromium 14.0%. Satu jenis, cuman yang ATS buatan jepang
  • AUS-8: Carbon 0.7-0.8%; Manganese 1.0%; Chromium 13.0-14.5%; Nickel 0.5%; Vanadium 0.1-0.25%; Molybdenum 0.1 - 0.3%. Kuat juga yang pake baja ini banyak cth Spyderco, SOG, Kershaw dll
  • CPM-S30V atau S30V : Carbon 1.45%; Chromium 14%; Molybdenum 2%; Vanadium 4%.  besi bagus.. (semua bagus ya.... hahahaha) ketahanan pakai tinggi, keras termasuk paling bagus untuk pisau.pemakai Spyderco, Lone Wolf, Benchmade.
  • CPM440V: Carbon 2.15%; Manganese 0.4%; Chromium 17%; Vanadium 5.5%; Molybdenum 0.4%. Keras bangeeetttttt !!! semangkin tinggi karbon relatif semakin keras,  pemakai CPM 440V Kershawfolding knives.
  • D-2: Carbon 1.5%; Molybdenum 1%; Chromium 12%Vanadium 1%. Nah mulai boss.... ini kelas tool steel, cirinya karbon diatas 0.8 % chrome dibawah 13% banyak sekali bladesmith yang pake bahan ini
  • Damascu Steel: hmmm Kepanjangan.....posting terpisah aja..
  • M-2: Carbon 0.85%; Tungsten 6.35%; Molybdenum 5.0%; Chromium 4.0%; Vanadium 2%. Ini kelasnya HSS (High speed steel) red hardness tinggi cirinya dia punya kandungan tungsten/molybdenum tinggi aslinya dipakai buat perkakas potong untuk pengerjaan baja, contoh mata mesin milling atau mata mesin bubut.
  • M-4: Carbon 1.3%; Tungsten 6.35%; Molybdenum 5.0%; Chromium 4.0%; Vanadium 4%. Gak jauh beda dari yang di atas, cuman lebih kerassss..
  • O-1: Carbon .85-1%; Manganese 1-1.4%; Chromium 0.4-0.6%; Vanadium 0.3%. A very popular, easy to tool, high carbon steel. Tool steel, paling banyak dipakai paling mudah dikerjakan baik hot/cold work.
  • Sandvic 12C27: Carbon 0.6%; Manganese 0.35%; Chromium 14.0%. Baja Swedia
  • Z60CDV14: Carbon 0.6-0.65%; Manganese 0.45%; Chromium 14%; Nickel 0.15%; Vanadium 0.15 to 0.2%; Molybdenum 0.55 to 0.6%. Dipakai oleh CRKT, edge retention bagus, mudah diasah
  •  kalau ada yang hafal sambungannya silahkan diupdet.....

89 comments:

  1. Gi... Kalo beli pisau2(yg bagus) biasana keterangan baja yg digunakanna kumaha?

    ReplyDelete
  2. Kalo pisau bagus, biasana baja na ditulis, distempelkeun dina bilah atawa ditulis jelas dina brosur.

    ReplyDelete
  3. Spring steel 5160 elok banget.

    ReplyDelete
  4. kalau yg sekelas pedang Samurai(katana) kira2 komposisi bajanya gimana yaaa. . . perlu tahu donk !

    ReplyDelete
  5. @ Anonymous 1, Spring Steel 5160 luar biasa.... bahannya banyak hasilnya mantapsss...
    @ Anonymous 2, Setahu saya Katana bisa dibuat dari baja apapun.... adapun satu bahan yang tidak dibahas di sini dan biasa digunakan untuk Katana, yaitu TAMAHAGANE, komposisinya sendiri hampir sama dengan Pig Iron, yaitu besi kasar dengan banyak pengotor dan adalah keterampilan dari pembuat Katana itu untuk "memurnikannya" dan menjadikannya baja yang mumpuni diantaranya dengan membuat lipatan.... ada yang mungkin tahu lebih banyak silahkan dilanjut....

    ReplyDelete
  6. pembuatan blade katana dengan lipatan alias dilapis-lapis seperti "sandwich" menghasilkan blade yang super tajam, super kuat tapi tetap memiliki kelenturan yang baik sehingga tidak mudah patah.

    ReplyDelete
  7. Bro, saya mau pesan Pisau Bowie yang bisa dipakai disegala situasi ( lempar, tebas kayu dll), soalnya mau dipake dilapangan boleh kasih ukuran yang pas buat pisau bowie saya. thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  8. @anonymous, terimakasih atas pesanannya, namun untuk saat ini saya belum bisa memenuhi pesanan tersebut, untuk ukuran pisau yang bisa dipake menebas kayu, setidaknya ukuran golok dengan panjang bilah 30 cm, bisa dikatakan cukup, untuk dilempar juga bisa, tetapi untuk dibawa sehari-hari saya agak sangsi, karena ukuran segede itu akan sangat berat, mungkin bila lapangannya lebih spesifik setidaknya saya sedikit bisa memberi saran, atau mungkin Bro bisa check pisau-pisau RAT, apakah model seperti itu yang dimaksud ?

    ReplyDelete
  9. byu:

    aya nggak kang,contoh baja yang sudah jadi, misal: per mobil,dll yang sama dengan postingan diatas?trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud sudah jadi ? sudah jadi pisau ??? beberapa postingan pisau yang saya buat biasanya mencantumkan nama bahannya....silahkan dibuka-buka halaman yang lainnya....

      Delete
  10. wah akhirnya nemu juga komunitas penggemar pisau....salam kenal ya Bro...saya di sby..
    oky

    ReplyDelete
    Replies
    1. komunitas lengkap penggemar pisau bisa bro search di forum kaskus... disana lebih lengkap para master juga kumpul disana... banyak ilmu yang bisa ditimba... btw... chapter surabaya ada nggak ya..:D

      Delete
  11. om ane izin copas ya artikelnya untuk bahan tugas kuliah ane :).. matur nuwun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan, di cross check juga dengan artikel dari web yang lain...biar lebih valid, kalo ada kesalahan posting aja disini.

      Delete
  12. terima kasih om, sangat membantu blognya :)

    ReplyDelete
  13. misi gan kalau pisau degan bahan Carbon Steel with Hi
    bisa kasi penjelasan na tak gan thank gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah baru denger tuh... Hi apa yah ? boleh lah difoto tulisannya atau type pisaunya... biar bisa dipakai diskusi..

      Delete
  14. gan, numpang nanya kalau per mobil jenis baja apa ya? mohon pencerahannya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pribadi memasukan semua jenis per ke golongan baja scrap(Kalau itu akan dibuat pisau), karena baja itu termasuk baja bekas, kecuali bahan pembuatan bajanya dituliskan disana, untuk perbandingan kemungkinan besar baja yang digunakan untuk per konon memiliki kandungan karbon antara 0,6-0,9% karbon. tentu saja tidak menutup kemungkinan adanya unsur lain yang digunakan untuk menambah material properties dari per sesuai dengan kebutuhan. plkus perlakuan panas (Heat treatment) yang diberikan untuk menambah elastisitas dan ketangguhan (toughness) dari per. Jadi kalo material per digunakan untuk pisau, ukuran suhu, media quenching, saat proses HT/pengerasan pisau berbahan per akan berbeda satu dengan yang lainnya. demikian semoga berkenan

      Delete
  15. numpah share y gan. kalo pembuatan katana setahu say dengn mnggnakan pasir besi yg dibakar dicampur arang selama 3 hari yg menghasilkan bongkahan besi baja ( tamahagane ) yg berupa sisa dari pembakaran pasir besi tadi. kemudian ditempa dan dilipat2 ( hingga puluhan x lipatan ) kemudian untuk proses katana yg melengkung t sbnarnya adalah trjadi karna proses pembakaran tersebut. ketika bilah sudah terbentuk, maka bilah diolelsi arang yg dicampur air ( hingga mengental - untuk pengolesan bagian tajamnya ) kmudian dioleskan tanah liat yg dikasih air ( kental - yg dioleskan di bagian belakang pedang ) kemudian dibakar dan dicelupkaan di air/ oli. nah pendinginan yg tiba2 inilah yg membuat pedang katana melengkung dan mnjadi ciri kas pedang samurai ( mohon koreksinya agan2 semuaa )

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap share nya gan..:D tidak ada yang perlu dikoreksi kecuali sedikit mempertajam bahwa tamahagane bukan SISA pembakaran pasir, tetapi proses pemurnian besi dari bijih besi (pasir besi)memang menggunakan panas tinggi, pada panas tinggi ini Fe2O4 direaksikan pada suhu tinggi untuk akhirnya menghasilkan FeC...

      Delete
  16. Brow lo bikin nempa sendiri atau beli sama orang lain,,kalau dilihat pencerahan'nya,,kaya nya lo lihat di geogle ya,,detail banget,,yg nempa'nya aja belum tentu tahu kadar2nya,,wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo daftar baja di atas, beberapa dari diktat kuliah, beberapa dari gugel,daftar baja ini buat pengetahuan aja bro, banyak rekan-rekan hobby-ist pisau yang nyari komposisi dari bahan bladenya, buat debat diantara sesama penyuka pisau kali..

      Delete
  17. KAng mau ikutan nanya kalo mau buat pisau mesin pemcacah pake bahan per mobil bagus ngga..............?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa bulan yang lalu ada rekan disini (lembang) yang buat pencacah menggunakan per, untuk mencacah rumput bagus, tapi kalo bisa minta VCN ke pembuatnya lebih bagus, tambahan kalau mau pake per, setelah hardening, ditemper 3x1 jam pada suhu 200 derajat untuk mengurangi kemungkinan pisaunya pecah. semoga bermanfaat

      Delete
  18. numpang nanya gan..sori nih ane bener2 awam soal ginian..ane mau beli machete ni..tapi bahannya dari stainless steel..ada temen nyaranin ga usah beli..ga bagus katanya..bener nya gimana ya gan???? respon pls ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf telat dua hari, Stainles Steel itu banyak jenisnya, yang umum dipakai biasanya dari kelas 440, contoh yang pake Victorinox, yang lainnya banyak, nah sekarang tinggal machette nya merk apa? siapa pembuatnya,biasanya kalo buatan luar ada spesifikasinya jelas, kalo nggak jelas ya mending jangan, bisa dibantu merk sama typenya ?

      Delete
  19. mas klo mau bikin pedang shirasaya sword bahan paling bagus apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tamahagane,... kalo susah nyari bahannya beli yang sudah jadi pedangnya banyak, bahkan rasanya lebih banyak daripada yang jual bahan.

      Delete
  20. mass klo mo ccari baja 5160 dimana y ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dibandung sendiri saya kurang hafal, kalo di Jakarta bisa mas boba kontak id pandan candrawan di fb, ybs punya banyak koneksi dengan suplier baja bagus.

      Delete
  21. misi gan nmpang tanya klo untuk taji ayam bagusnya baja apa ya tks...

    ReplyDelete
  22. Bang bahan katana kan ada yang pake SLD.
    SLD tu bahan apa(spesifikasinya)?
    maklum awam

    ReplyDelete
    Replies
    1. SLD itu nama dagang untuk jenis Tool Steel, kalo nggak salah D2 masuk di kategori ini, produk terbaru SLD-MAGIC, yang jelas magic nya bukan klenik dan nggak berarti bisa ilang, kandungan karbonya tinggi sekitar 1,5%, kandungan Cr nya juga tinggi sekitar 12% termasuk air hardenend steel juga, untuk referensi bisa dicoba gugling SLD Hitachi,

      Delete
  23. Mas kalau mau pesan baja karbon lembaran 5mm dimana ya? Mau bikin blank blade

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo hanya baja karbon biasa di toko besi besar di daerah setempat biasanya ada, kalo pesen bahan khusus SK 5, D2 coba kontak id kaskus, eleanor106

      Delete
  24. kang, kenapa pada gak buat komposisi bilet baja sendiri yg orisinal buatan anak negeri..khan bisa dijual ke rekan2 yg pada mau belajar buat pisau sendiri....biar mengurangi resiko kerugian akibat trial and error....hehehe...sekedar saran dan masukan ini kang....nuhun yudha ( semarang )..salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga... waduh bikin baja ya.... untuk komposisi yang spesifik teknologinya yang blom nyampe untuk baja sederhana lagi dalam proses, tapi masih lebih murah beli per kalo buat belajar..:D trial dan eror dalam belajar anggap saja biaya belajar...:D

      Delete
  25. Wah Mas, Artikelnya sangat membantu saya yang baru belajar. Saya mau coba experimen pake W-2, cuma kesulitan cari bahannya. Tau tempat cari bahan W-2 steel? Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau pake W-2 ya.. bahan itu umum dipake di kikir, cuman spesifiknya merk apa kadang suka berbeda... tapi bisa dicoba pake kikir dulu... semoga sukses ujicobanya..:D

      Delete
    2. Siap Gan. Thanks a lot. Oh iya, cuma sekedar sharing, mungkin Om Giandjar juga sudah tau. Normalisasi, hardening, dan tempering yang dilakukan beberapa kali ternyata berpengaruh terhadap hasil akhir. Menurut saya, hasilnya jadi lebih baik.

      Delete
    3. Siap juga gan... kalau berkenan, bantu postingan perbandingan hasil proses tempering nya gan..silahkan kirim ke giaartcraft@yahoo.com... kita berbagi ilmu..:D

      Delete
  26. admin tolong sms ke no hp saya : 085285078384
    Rekomendasikan Nama-nama Perusahaan Yg ngejual VCN utk Wilayah Jakarta ... (selain Assab lohh ) ...Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf telat mas Hardi, sms sudah dikirimkan..

      Delete
  27. Gan, tau gak toko( online ) yang jual katana... ane butuh bahan stainless steel.. badget di bawah 500k.. ada gak? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk harga dibawah 500 ribu kurang begitu hafal, tetapi untuk tanya harga secara langsung bisa kontak id facebook, pisau Pandawa, semoga membantu

      Delete
  28. misi gan mau numpang nanya,,,besi carbon yang yang bagus buat pisau dan keras yang gampang kita temui contohnya apa ya ,,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua jenis per mobil, semua jenis as roda, semua jenis bearing/laher/ piringan rem, banyak...yang tidak direkomendasikan untuk dibuat pisau itu besi buat konstruksi/pagar/pipa itu aja..

      Delete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. mau naya gan ...apa itu besi duplex ?.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin yang dimaksud Stainless Steel Duplex, ada banyak jenis BAja ANti Karat duplex ini, tetapi secara umum duplex merupakan baja anti karat yang lebih baik betahanan karat dan properties nya dibanding 440

      Delete
  31. permisi gan mau nanya ...gmn cara ngetes bahan pisau yg bagus bg org awam spt sy ......krn d t4 krj sy banyak sekali bahan berbagai besi/baja.....sy krj d workshop pengeboran minyak....thk sebelumnya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling mudah adalah spark test, pada umumnya untuk bisa digunakan menjadi bahan pisau kandungan karbon pada baja harus tinggi, ada chart khusus untuk menilai kandungan karbon dengan melihat percikan besi saat digerinda, bisa di googling chart yang bisa digunakan atau silahkan dilihat di laman ini [http://en.wikipedia.org/wiki/Spark_testing]

      Delete
  32. harga pisau pisaunya lumayan mahal mahal ya gan?
    tapi kualitasnya apakah bagus juga tuh?
    saya pernah melihat yang bisa melengkung, namun tidak sampai patah, kira kira itu dari bahan apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud melengkung saya kurang mengerti, tetapi adatest untuk mengetahui sejauhmana pisau itu cukup keras untuk bisa mempertahankan ketajaman tetapi tangguh dan ulet untuk bisa menahan beban bengkok, dan ujinya adalah uji bengkok (bending test) uji ini adalh uji standar American Bladesmith Society, dan bahan yang digunakan diserahkan kepada masing-masing pembuat, beberapa dari mereka menggunakan bola bearing sebagai bahan pisau.

      Delete
  33. kang maaf numpang nanya2 nih. kalo pisau shakaulu dari CRKT Ken Onion di indonesia ada yang jual gak ya kang?atau mungkin sudah ada yang bisa membuat sama persis seperti itu gak kang? trus kalo warna dari pisau agar dapat berwarna hitam seperti itu digimanain ya kang?oia dan juga pisau Redemption dari brand yang sama. mohon pencerahannya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon pencerahannya kang

      Delete
    2. Maaf baru bisa balas, kalau hanya meniru, banyak knifemaker yang bisa bantu membuatkan, tetapi kalau ingin original, dan saya memang selalu menyarankan original untuk design yang sudah ada (untuk penghormatan kepada pemilik design), untuk ketersediaan saya kontak dulu beberapa rekan barangkali ada yang nyimpen, dan untuk menghitamkan, itu banyak sekali tekniknya ada blackening, electroplating bagaimana kebutuhan. lebih lengkap jawaban tunggu beberapa jam kedepan..:D

      Delete
    3. Nah ini tambahannya, saya barusan bikin satu postingan mudah-mudahan bisa membantu rekan-rekan yang mencari pisau original/pisau dari luar negeri
      http://pisauku.blogspot.com/2014/04/mau-beli-pisau-import-ini-caranya.html

      Delete
    4. makasih banyak kang pencerahannya. kang ada gak artikel akang yang ngebahas teknik2 untuk menghitamkan tersebut?

      Delete
    5. kebetulan belum ada karena kebanyakan artikel disini syarat utamanya saya harus kerjakan dan ambil gambarnya sendiri, mudah-mudahan kedepannya kalau saya langsung kerjakan bisa diposting.

      Delete
  34. gan,, baja mana yang pling kuat dan tahan lama ketajamannya klo di jadin pisau kecil..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf komennya masuk spam,.. coba O1 atau D2 gan..

      Delete
  35. Ketik apa nich untuk cari katalog sale knife agan nich...ima made arigatou,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba disini gan... http://pisauku.blogspot.com/search/label/Jualan... barangkali berkenan masih ada beberapa

      Delete
  36. kalau baja ST 37 gimana kang? apa layak dibikin pisau?
    soalnya saya punya 2 lempeng dengan ketebalan 5 dan 6 mm...
    kira2 kalau layak dibikin pisau, pisau yang kayak gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu-satunya pisau yang sering saya buat dari ST 37, ya pisau lempar, nggak pernah di HT, dilempar juga kalo kena pisau yang lain kemungkinan patahnya kecil.... saya punya beberapa pisau dengan bahan ini.:D

      Delete
    2. nah, pisau yang dari bahan ini gimana menurut kang gianjar??
      karakter besinya saya masih kurang paham sebenernya... :P

      terimakasih sebelumnya...

      Delete
    3. Tidak terlalu layak dibuat pisau, sekalipun bisa ditajamkan, tetapi kemampuan menahan ketajamannya sangat buruk. kecuali untuk dibuat pisau lempar itupun dengan sudut bevel yang sangat besar.
      pisau lempar yang saya buat dari ST 37, bisa dilihat di http://pisauku.blogspot.com/2011/10/flying-metal.html
      perhatikan bahwa bevel pada umumnya sangat sempit, tidak ditajamkan dan disisakan minimal 1 mm pada bagian egde-nya.. semoga berkenan dan terimakasih kembali..:D

      Delete
    4. terimakasih banyak atas informasinya :D

      Delete
  37. punten kang,, numpang nanya,, beberapa tmn2 pengrajin sering nawarin katana dengan bahan bilah spring willis,, naah yg mw saya tanya, apa sekarang msh ada yg jual per tersebut,,? secara yg kita tw mobil jeep willis udah langka bgt dan ga murah,, emeng kandungan nya apa aja kang d per willis ,,? mohon pencerahan nya,, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masih jual per bekas willys mungkin saja, memang agak susah tapi kadang masih bisa nemu di pasar loak, kalau untuk bahan kemungkinan tersebsar bahan untuk per willys adalah AISI 5160, untuk kandungan secara umum bisa di googling dengan kata "AISI 5160 properties"atau sebangsanya... akan lebih lengkap daripada saya coppas kesini.. semoga berkenan.

      Delete
  38. terima kasih banyak kang pencerahan nya,,

    ReplyDelete
  39. gan punya info yang jual AS VCN diameter 200? diglodok ad g y?ane di tangerang mentok diameter 175'n...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh saya malah sukanya nyari yang plat, jadi untuk as kurang hafal...

      Delete
  40. Kang untuk kandungan baja yang terkandung pada pisau damaskus dan cara pembuatanya gimana kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Damascus saat ini lebih pada sebutan untuk pisau dengan dua jenis atau lebih bahan yang disatukan pada umumnya dengan teknik hot welding, jadi kalau yang disatukannya O1 dan 1095 ya kurang lebih sifat bahannya mengikuti bahan aslinya, untuk cara pembuatan mudah-mudahan saya sempat membuat tulisannya terpisah.

      Delete
  41. Kang, Kandungan dr baja Bearing bekas Truk / Mobil, dsb itu pa Kang?
    Trus jika dbandingkan dg Spring Steel lebih kuat dan tahan mana Kang (dilihat dr ketajaman, ketahanan, Lebih cepat tumpul mana) jika perawatan dn penggunaan yg sma?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada umumnya bantalan dan bola memiliki bahan yang berbeda beberapa bahan yang biasa digunakan sebagai bahan bearing adalah 52100, dan 440 C beberapa bahan lain juga banyak, termasuk plastik, karena pada dasaranya kepentingan ketahanan gesek, ketangguhan, ketahanan karat, menjadi komponen utama pemilihan bahan bearing maka secara umum bahan bearing pada beberapa sifat lebih baik dibandingkan bahan per. contohnya 52100, merupakan bahan yang paling banyak diinginkan untuk pembuatan pisau oleh banyak knifemaker custom/handmade di amerika

      Delete
  42. assalamualaikum n met pagi Kang. terima kasih atas penjelasn d atas. Kang, Sy ada Skinner, Sangkur Ala Game Counter Strike (agak mirip sih) dr bahan Spring steel, Tombak dg model Kopassus Knife dr Bahan Kikir Besi, Ada lagi Skinner dan Pisau Model Badik dr Bahan Bearing. Semuanya dibuat oleh pandai besi Tradisonal dg upah antara 40-50rb per bh trgantung bahan dn ukuran dn blm dipoles.
    Yg mw Sy tanyakan adlh gmna ya Kang cara melakukan mirror polish dg alat sedrhana yg mudah ddapat dan biasanya makn wktu brapa lama?
    Dan 1 lg, Teman Sy ada Pisau bekas dari Mesin potong rumput, disitu trtulis SK5 made in Japan. Mudahan bisa Sy Minta. Nah Kira2 gmna ya Kualitas Logam tsb dbanding D2, ATS, Bearing, dsb jika dibuat pisau? Dan Seandainya Sy buatkn sebuah Pisau tanpa HT, hanya dg proses Grinda dan Kikir doank apakah hasilnya baik?
    O ya Kang, Kira2 SK5 tsb bagus dibuat pisau model apa Ya? (Skinner, Throwing, bowie, atw Pisau Dapur) maaf Kang banyak tanya, maklum masih amatiran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mantap,.. boleh kiranya nanti dibagi fotonya, silahkan kirim ke giaartcraft@yahoo.com nanti saya bikin galerry sendiri untuk pisau dari rekan-rekan, untuk sampai mirror polish lakukan pengampelasan bertingkat, bila memakai mesin pakai grit 100, 200, 400, 800 selanjutnya gunakan di buffing menggunakan langsol/batu hijau, grit amplas lebih tinggi maka permukaan akan lebih halus..
      untuk bahan SK 5, ada banyak pisau yang menggunakan bahan ini, pisau dari ColdSteel pun ada yang memakai bahan ini, pada umumnya pisau ini memiliki ketangguhan cukup baik, seri trailmaster, atau bushman ada yang menggunakan bahan ini, salah satu contoh pisau yang saya miliki bisa dilihat pada link di bawah
      http://3.bp.blogspot.com/-yhftgdkZX0k/U-1reEDYwRI/AAAAAAAAB4E/zQD4MoGqRbg/s1600/coldsteel%2Bbushman.jpg
      semoga berkenan

      Delete
    2. Kang Kira2 , dari bahan bekas Pisau Mesin Potong Rumput (SK5)itu, dg bentuk sprt itu cocoknya dibuat pisau apa ya ? dan tanpa proses HT hanya gerinda dn kikir Doank apakah bagus?

      Delete
    3. Pada dasarnya kita bisa berkreasi sejauh mungkin dengan bahan tersebut, Heat Treatment dimaksudkan untuk mendapatkan sifat bahan yang kita inginkan untuk baik digunakan untuk proses pengerjaan maupun sifat akhir dari bahan yang diinginkan, jadi pada setiap proses pengerjaan HT dibutuhkan entah itu untuk memperlunak bahan, mengeraskan, meningkatkan ketangguhan, elastisitas dan lain sebagainya.

      Delete
  43. Oke kang, gambarnya sudh Sy kirim.
    Mohon maaf Kang klo gambarnya agak blur, mudahn Sy dpt pencerahan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantaapp.. baguss.... siap.. nanti saya bikin galerry khusus foto dari rekan-rekan..biar rame..:D

      Delete
    2. O ya Kang d FB Sy ada add Akang lho dr FB Sy a.n Norman

      Delete
    3. Siap... saya sudah add. maaf agak kedorong kebawah jadi nggak kebaca..:D

      Delete