PISAU BOWIE

"Pisau Bowie...",
"ingin punya pisau seperti Bowie...", atau
"pisauku model Bowie... "
kurang lebih kata-kata seperti itu yang diungkapkan oleh pecinta pisau, tapi apakah, siapakah, makhluk apakah Bowie itu ??
Segala macam legenda tentang pisau bowie telah memberikan banyak inspirasi dalam dunia pisau, tapi siapa yang tahu seperti apa sebenarnya bentuk pisau bowie ? apakan bentuk pisau "Rambo" mewakili bentuk pisau Bowie ?? akan saya coba ulas tentang itu.
Menulis tentang pisau bowie akan sangat panjang, untuk itu sesuai dengan ketersediaan waktu akan sediki saya tulis (sepengetahuan saya) tentang pisau Bowie ini.
Tulisan ini akan saya sarikan dari beberapa tulisan, semoga tidak menghilangkan atau mengaburkan arti dan maksud para penulis sebelumnya.

Pertarungan Vidalia

Beberapa referensi mengatakan cerita tentang Bowie dimulai tanggal 19 September 1827. Di pinggir sungan mississippi dekat Natchez. Di tempat itu terjadi "pertemuan" untuk "menegakkan kehormatan" atau lebih tepat disebut "duel". Due saat itu merupakan hal yang umum digunakan di daerah tersebut untuk menyelesaiakna sebuah permasalahan. yang pada umumnya diakhiri dengan kematian salah seorag diantaranya, beberapa dengan kematian keduanya.
Pertarungan itu pula yang terjadi saat itu, dalam pertarungan yang sebenarnya pertarungan antara Samuel Wells dengan lawannya, terluka seorang petani bernama James Bowie (1796-1836).
Saat itu James bowie tengah terluka di bagian pinggul menurut penuturan Wells saat itu Bowie tengah terluka dan tidak berdaya saat Major Norris Wright mencoba menusuknya dengan pedang.
Saat itu pula Bowie yang telah menghabiskan satu-satunya peluru tersisa pada pistolnya mencoba mempertahankan dirinya dengan sebuah pisau berburu besar yang ia ambil dari balik pakaiannya. Pisau tersebut sebenarnya milik saudaranya Rezin Bowie yang dipinjamkannya untuk mempertahankan diri. dalam pergumulan yang akhirnya nmenjadi pergumulan jarak dekat menggunakan pisau saudaranya itu, akhirnya James Bowie berhasil membunuh Major Wright. Cerita ini berbeda dengan cerita yang diceritakan oleh teman wribght untuk memberatkan Bowie yang mengatakan bahwa Bowie menembak Major Wright kemudian menusuknya tapi tetap cerita versi Wells yang banyak beredar sampai sekarang.
Kejadian Pertarungan vidalia yang banyak dikena sebagai " Vidalian Sandbar Fight"  inilah yang mengilhami banyak penulis saat itu, dibumbui dengan gambar pertarungan jarak dekat dengan pisau dan pedang saat senjata sudah tidak lagi dapat digunakan, telah meningkatkan pamor pisau sebagai senjata pendamping pistol sebagai senjata utama.
Sejak saat itu pisau "Bowie" muali menjadi terkenal, menjadi fashion dan gaya hidup. pun saat 1836 James Bowie meninggal, dalam pertarungan, semakin mengukuhkan namanya dalam legenda Pisau Tarung (Fighting Knive) di Amerika (bersambung)

bersambung

2 comments:

  1. Nambah wawasan nih,,,,,terima kasih
    kebetulan saya punya Linder Bowie Knife
    handmade Solingen Germany

    ReplyDelete
  2. bagus blognya, tapi sayang pake backsound sgala

    ReplyDelete