Membuat sarung pisau kulit

Setelah beberapa kali bereksperimen dengan PVC akhirnya kembali juga ke kulit, setelah memesan 5 feet kulit sapi dari cibaduyut, akhirnya lengkap sudah persiapan untuk membuat sarung kulit,
Sarung ini dibuat memenuhi pesanan teman saya untuk pisau damascusnya, model yang diambil... hmmm lupa nih model apa.... pokonya seperti ini lah..

 Semoga berkenan dengan foto-fotonya...

Persiapan alat dan bahan, yang nggak termasuk Lem, Benang, Jarum, kopi, kompor, air panas...:D


Agak loncat jauh.... nggak semua bisa diabadikan..... ini setelah dipotong, dan jahit pertama untuk cantolan ikat pinggang..... agak kurang nyaman dilipat ke luar.. tapi untuk kali ini nggak apa-apa lah...
 Fitting sebelum penjahitan bagian luar



Setelah dijahit...... Hand Stitched.....


After Finishing......



Sekarang tambahan berfoto bersama pisaunya..







Setelah selesai..... boleh lah sedikit merayakan hasil pembuatan pisau ini dengan secangkir coklat panas....
Mari......

45 comments:

  1. wuih... makin mangtab aja nih Guru saya yang satu ini,hehehehe...rapi juga kang,hehehe...

    ReplyDelete
  2. belajar merapihkan pa.....kayanya kalo njait musti belajar dari ahli bedah nih... soalnya yang dijahit sama-sama kulit..

    ReplyDelete
  3. Top Top.. Lanjut Kang Gia

    ReplyDelete
  4. mantab lur...keep it up!!!

    ReplyDelete
  5. @Anonymous..... Tahkns bro.... (anda terpilih mendapatkan hadiah... sayang nggak jelas harus dikirim kemana da keburu kadaluarsa.. jadi mohon maaf hadiah hangus..... wkwkwkwk)
    @mawla01.... bade ?? bade ???

    ReplyDelete
  6. selamat siang pak gianjar,,,saya punya pisau ka-bar vietnam edition tapi sarungnya da rusak,,dimana ya untuk mendapatkan sarung asli(yang ada emboss lambang USCM)mohon petunjuknya,,tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh....bisa coba di equator knives, EQUATOR KNIVES | Contact: | Pautomo Sulistio | Phone: +62813 1053 1981 | Email: p.sulistio@hotmail.com |mudah-mudahan ada

      Delete
    2. terima kasih atas petunjuknya pak gianjar,,,

      Delete
  7. selamat siang kang gianjar,,,mohon petunjuk ni,saya mempunyai pisau yang telah di polish mirror,lama ngk kepake saya lupa keluarin dari sarungnya(sarung kulit) akhirnya terdapat bintik2 karat pada pisau tersebut,,gmana cara menghilangkan karat tersebut tanpa merusak polish mirrornya ,,terima kasih kang sebelumnya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh... kalo polish mirror udah sampe kena karat repot juga... untuk pengananan awal coba pake wd-40 dulu mudah-mudahan nggak dalem.. kalo udah dalem ya harus di poles ulang.

      Delete
    2. ok,terima kasih atas infonya kang gianjar,,

      Delete
    3. slamat malam kang,,,setelah saya menghubungi equator knives ternyata barangnya ada(sarung pisau ka bar)dan sudah saya terima,sesuai dengan yang saya inginkan,,setelah sekian lama saya hunting akhirnya saya mendapatkannya, berkat petunjuk akang, thanks a lot kang gianjar,sukses selalu

      Delete
    4. Okey siaaapp senang mendengarnya...:D

      Delete
  8. salam kenal kang, boleh dong kang dapat bocoran juragan kulitnya yang bersedia ngecer gitu.. sama cara finishing (ngasih warna)? pengen ngasih baju fixblade ane yang masih kedinginan, kalo d tempat lain kulitnya kudu beli lembaran euy.. -_-!

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dulu di gang kote, memang musti beli lembaran milih aja yang lembarannya paling kecil mungkin sekitar 50.000-100.000 ada koq. kalo masih sulit motong aja di jayagiri..:D

      Delete
    2. maaf kang lupa ngasih tahu, posisi ane d kalimantan.. :D
      barangkali punya nomor kontak yg jual atau kenalan kang. mau nitip takut kualat sama senior :) trims

      Delete
  9. wahahahah...... senior apanya ? tanya bro eleanor106, bisa di check di kaskus. ato butuh ukuran segimana ? kirim aja ke giaartcraft@yahoo.com

    ReplyDelete
  10. Kang kualitas kulit di cibaduyut sama gang kote bagus mana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya urusan beragam banyak di cibaduyut, yang di gang kote yang saya beli hanya yang mentah, keras... tergantung mau buat sarung kaya gimana sih, kalo saya senang dari bahan yang keras dan di kote ada jadi yaaa gitu deh..

      Delete
  11. akang satu ni emang multi talenta kyknya... huehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ya nggak lah...:D,.. bikin pisau kan sepaket sama sarungnya... heuehuehu.

      Delete
  12. Wilujeng Enjing Kang GIanjar, saya pengen nyoba sendiri, tapi karena nubie, apakah bisa lebih detail cara pembuatan nana Kang? Hatur Nuhun.
    p.s
    Abdi Domisili di Bandung
    Perestorian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan bisa bikin lagi posting yang baru, biasanya kalo lagi bikin memang lupa foto memfoto..:D
      kalo ada kesempatan ke jayagiri aja.. kita bikin bareng...
      ps. abdi domisili jayagiri :)

      Delete
  13. Jayagiri na sebelah mana? DUlu sering ngariung dengan barudak peternak sapi lembang, upami teu lepat mah aya Asep di Jayagiri. InsyaAllah meluncur untuk reparasi sarung pisau warisan. Hatur Nuhun
    Perestorian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah seueur atuh nami Asep di jayagiri mah...pami bade kadieu kontak heula weh....

      Delete
  14. brapa mas brow pajnag 30senti mau bikin sarung nye

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas belum bisa melayani, kalau sedianya mau pesen custom coba kontak tuan Dadan Hamdani di webnya, Tokopisauku.blogspot.com trims

      Delete
    2. maaf mas, yg bener itu http://tokopisau.blogspot.com/
      kalau yg anda sebutkan itu beda orang yg jual, lagian cuma satu pisau doang :D

      Delete
    3. oh iya... waduh untung nggak di damprat kang Dadan... hehehe, tolong sampaikan maaf saya sama juragan rancaekek... habis tag line tokopisau, tokopisau Ku sih.... sekali lagi maaf kang dadan !! ^:)^

      Delete
  15. mf ikutan mas... saya mau pesan bahan kulitnya mas..soalnya pisau saya udah minta disarungin kedinginan ktanya;;;hehe
    mhon kasi info mas,,,no hp 085278678910
    kl cocok ntar di konfirm mas...
    tanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahah....kedinginan yah, kebetulan saya juga lagiu kosong, segera kalo udah ada stok saya tawarin deh disini..:D

      Delete
  16. kang Gea kalau beli perlalatanya ( dibandung ) dimana yah ? misal buat penanda/ngasih lubang yg mirip garpuh makan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. aeh kang hendra.... sayah mah sengaha bikin kang dari plat besi dikikiran, kalo beli mah coba di smarthandy.com

      Delete
  17. untuk masukan www.neemantools.com/en/products/wildlife-knives dan menambah wawasan dan kita dapat bersaing dgn product luar tinggal sedikit lg polesan dapat juga di lihat di youtube proses pembuatan sarung nya.

    ReplyDelete
  18. Slamat malam Kang,,mohon infonya,kira2 dimana bisa bikin handle pisau Ka Bar USCM Vietnam Edition, yang persis aslinya,,handlenya dari kulit . terima kasih sebelumnya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kontak Kang Iin di nomor 089605501956, mudah-mudahan ybs bisa mengerjakan, ini perbaikan kan ?

      Delete
  19. siap thanks kang,,pisaunya dalam kondisi baik,cuma mau di powder coating ulang, jadi harus di bongkar handle kulitnya.nti coba hub kang lin.

    ReplyDelete
  20. Malam kang... mau nanya nih.. beli bahan sarung kulit sapi yg sperti akang itu dimana ya ? dan harganya brapaan ?
    oh ya saya jg produksi alat tani dan pisau hehee promosi dikit siapa tau akang berminat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan di Bandung ada beberapa tempat yang jual,.. harganya berkisar antara 130-150 rb per kilo gimana kualitasdan jenis

      Delete
    2. klo yang afkiran ada gak kang ? soalnya bahan yg saya gunakan dan orang2 di sini gunakan ialah kulit afkiran, klo ada berapa per kilo nya, klo cocok harganya saya biasa pesan kisaran 300 kg/bulan, klo akang bisa nyariin stock dan harganya cocok, bisa terusan saya pesan bahannya sama akang, soalnya di daerah kmi bnyak pengrajin sarung pisau berbahan kulit, dan penjual bahanya cuma satu orang, nah maksud saya selain saya memproduksi sarung, saya jg mau jd menyedia bahan..

      Delete
    3. Saya coba hubungi dulu distributornya ya..nanti saya kasih nomor kontak,...tolong di PM kan nomor kontaknya deh ke giaartcraft@yahoo.com

      Delete
  21. Boleh minta alamat dan nomor HP Kang

    ReplyDelete
  22. biaya bikin sarung berapa Bang? untuk panjang bilah 12" dan 10"

    ReplyDelete