Pelajaran Mewarnai

Thanks to Mr Kirik picek atas ideunya.... dan untuk Mr Wawan Gibran untuk kirimannya, pelajaran kali ini adalah mewarnai bilah. Pisau yang dijadikan target pewarnaan kali ini adalah pisau wharncliffe dan pisau fixed knife nya Mr Kirik Picek.
langkahnya sederhana sekali pertama yang harus dilakukan adalah mengampelas permukaan bilah dengan amplas ber-grit diatas 400, hal ini dilakukan untuk menciptakan tekstur kasar pada permukaan sehingga kelak FeCl3  yang digunakan untuk proses pelapisan dapat mengoksidasi seluruh permukaan.
Saat diterima kondisi FeCL dalam bentuk serbuk yang mudah terlarut dalam air, satu kesalahan pertama adalah menambahkan FeCl ke dalam Air pada wadah yang terbuat dari botol aqua.... entah apa yang salah akan tetapi panas yang dihasilkan oleh pencampuran seketika mengkerutkan botol  sehingga tumpah dan bloboran kemana-mana. tapi namanya juga belajar......:D
Kembali ke pisau, setelah diampleasn pisau menjadi seperti ini
Langkas selanjutnya adalah memlapiskan lapisan tipis FeCl3 ke atas permukaan pisau, untuk ini saya pergunakan tissue yang diikat pada sepotong kayu, dengan dua atau tiga kali olesan warna sudah mulai muncul akan tetapi saya pribadi senang dengan warna yang sedikit gelap. terus terang jangan bertanya reaksi apa yang timbul, karena pusing dari tadi juga.... (untuk mereka yang lebih hafal reaksi kimia yang terjadi.. mohon bantuannya)
akhirnya setelah beberapa olesn dan warna berubah segera builah pisau tadi dibilas dengan air bersih untuk menghilangkan sisa cairan FeCl3 dan menghentikan proses oksidasi...dan dikeringkan ... setelah pengeringan bilah diberi lapisan tipis minyak untuk mencegak proses karat lanjutan akibat dari kontak Fe dengan udara.
nah fotonya setelah proses menjadi seperti ini
bisa diulang bila terlalu gelap dengan mengulang proses tersebut....
satu hal yang harus diperhatikan.... proses ini menghasilkan uap HCL yang tidak baik untuk kesehatan...selalu lalkukan di tempat bersirkulasi baik.
akhirnya beberapa foto yang dfiambil setelah proses...
semoga berkenan

2 comments:

  1. makin manteb sajah akang yang satu ini, baydeway ti iraha kang uloh resep kanu berbau peso kang?
    hehe...

    ReplyDelete
  2. Lami mang Angga, saemut abdi ti sateuacan disepitan ge tos gaduh bedog petok...

    ReplyDelete