Tungku Gas Murah

Tungku dengan bahan bakar Gas menjadi bahasan kali ini, tulisan ini dibuat untuk memenuhi janji pada beberapa rekan yang bertanya bagaimana cara membuat tungku tempa dengan bahan bakar gas yang murah meriah, ide ini sebenernya datang dari Jason Febrian Dan Win Julian Akbar, makanya untuk kali ini biar bener-bener murah saya minta bantuan langsung dari mereka berdua.

Tips pertama sebelum memulai pekerjaan adalah mengetahui cara bagaimana memperoleh bahan yang murah, dan jawabannya kalo nggak nyari bekas ya minta temen..:D dan itupun yang terjadi pada pembuatan kali ini.

Bahan termahal dalam konstruksi tungku tempa ini adalah Fibre Ceramic, dan bahan ini dibawa oleh Jason, termasuk kaleng biscuitnya juga. Untuk burner dan bahan bakar disediakan oleh Akbar, sisanya dari kolong meja kerja di bunker, total pengeluaran untuk proyek ini nol.
okey kita langsung saja.

Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk pembuatan tungku ini adalah Kaleng biscuit , Plat besi untuk landasan, burner dan bahan bakarnya, bor listrik, blind rivet dan rivetnya,dan gunting kaleng.
Untuk fibre ceramic, bisa diperoleh di toko yangmenjual refractory material, atau sering-sering jalan ke tempat peleburan logam, biasanya selalu ada sisa-sisa bahan seperti ini.

Langkah pertama membuat landasan, disini kita  buat tiga lubang untuk kelak memposisikan kaleng

 Setelah itu emudian membuat lubang untuk tempatpipa burner agar pemotongan mudah terlebih dahulu dibuat lubang yang selanjutnya akan digunting.
 BErikutnya proses pelebaran lubang denganmenggunakan gunting.
 Setelah masuk kurang lebih seperti in.
 BErikutnya membuat lubang sesuai dengan posisi lubang pada landasan, bagian belakang kaleng kemudian diberi lubang juga dengan diameter 10 cm. (Maaf yang ini gambarnya tidak ada)
 Setelah semua lubang selesai waktunya memasang kalengbiscuit pada landasan dengan menggunakan paku rivet.
 Masih merivet...
 Setelah semua terpasang, fibre ceramic dilapiskan pada bagian dalam.
 setelah itu.. dicoba.... kondisi 1 menit..dengan bahan yang dibahar potongan D2 setebal 8mm
 Kondisi pada 2 menit.......
 Kondisi 3 menit kemudian, pada kondisi ini  baja sudah nonmagnetik.

Nah itulah konstruksi paling sederhana dari tungku gas, perbaikan desain untuk casing, posisi dan lain sebagainya bisa dilakukan lebih lanjut, pada posisi 3 menit ini burner mulai panas tetapi casing kaleng biscuit tidak, oh iya itu warna hitam bukan karena dibakar tetapi karena cat hitam.

Berminat mencoba ? berhati-hati...safety first !
semoga berkenan,..
oh iya untuk konsultasi desain silahkan kontak tuan Jason Febrian atau Julian Akbar di FB nya masing-masing...salam.

28 comments:

  1. Tungku sederhana ini apakah juga bisa digunakan untuk melebur kaca?
    Terima kasih infonya

    ReplyDelete
  2. Tungku sederhana ini apakah juga bisa digunakan untuk melebur kaca?
    Terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah untuk kaca ini saya belum coba...:D walaupun secara teoretis bisa,... mudah-mudahan segera bisa saya test..:D

      Delete
  3. untuk sudut kemiringan burnernya berapa gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemiringan burner ini yang masih perdebatan,... saya sendiri memiringkan sudut burner lebih untuk mendapatkan pusaran api,.. beberapa burner bahkan ditembakkan ke dinding sehingga api merambat memutar,... tetapi beberapa pengguna #thinkHARD Forge ada yang minta agas sudut tegak terhadap benda kerja,... akhirnya ini pilihan saja, untuk kedepannya akan soba saya desainkan yag sudutnya bisa dirubah sesuai kebutuhan

      Delete
  4. Yang jago elektrical..
    Suruh buatin pemanas induksi.. efektif bgt buat tempa dan heat trhetment

    Kalo ada yang yang bisa buat.. dan berhasil.. gw mau bayarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapp.. saya juga ngikut di belakang... beli satu..:D

      Delete
  5. Bro, bahan bkarnya itu hanya gas? Tanpa bantuan oksigen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf notifikasi saya error nih, iya oum hanya gas oksigen pake udara sekitar aja

      Delete
  6. Bro, bahan bkarnya itu hanya gas? Tanpa bantuan oksigen?

    ReplyDelete
  7. Bro,,,Apakah bahan fibre ceramic dapat diganti,misalnya dengan bata ringan tahan api(dengan asumsi merubah bentuk bulat menjadi persegi)??? Apakah pengaruh bentuk wadah terhadap tingkat kepanasan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, saya buat satu pake bata tahan api dan bisa bekerja maksimal

      Delete
  8. Berapa gas yang diperlukan serta tahan berapa lama mas? Bisakah diproduksi masal untuk dijual?

    Trims

    Arif N.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gas yang diperlukan bergantung pada pekerjaan yg dilakukan, kalau hanya untuk proses hardening/sepuhan satu tabung 3 kilogram bisa digunakan untuk 100 pisau tapi kalau untuk tempa bisa habis hanya dalam waktu 3 jam

      Delete
  9. Itu forgeny beli jadi apa buat sendiri gan ....

    ReplyDelete
  10. Itu forgeny beli jadi apa buat sendiri gan ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. burnernya untuk yg ini beli, untuk bagian buat ada di potingan lain

      Delete
  11. kang mau tanya, kalo gasnya diganti ke elpiji itu burnernya diganti lagi atau ada nozzle/adapter lagi? nuhun kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. di postingan lain saya buat untuk elpiji.. silahkan di cek

      Delete
  12. Saya berminat beli 1 unit... tolong hubungi saya via 087870741953

    ReplyDelete
  13. Trims bgt.. ilmunya sgt bermanfaat.

    ReplyDelete
  14. Kang yg dimaksud dengan Gas apakah elpiji atau apa makasih

    ReplyDelete