Ini Pisau atau Bukan ?

Definisi Pisau, sebagai penyayat, mengakibatkan terdapat banyak sekali bentuk pisau. dimana menyayat (to Shear)  adalah proses pergeseran molekul yang disebabkan adanya gaya tekanan yang bekerja pada satu titik objek. Saat pisau saat digunakan untuk "memotong" terjadi tekanan yang mengakibatkan pergeseran dan pelepasan bagian dari material objek yang dipotong karena tekanan yang diberikan pada satu objek telah melebihi ketahanan maksimum (ultimate strength) dari object itu sendiri.
Kenapa saya menulis ini, karena teringat akan perbedaan menyayat dan memotong seperti yang sering dibahas dalahm setiap diskusi perpisauan, dan semua bermuara pada hanya "makhluk" yang memiliki bentuk  panjang, pipih dengan bevel dan bergagang dan mempunyai bagian tajam dengan standar ketajaman bisa digunakan untuk menyayat kertas lah yang layak disebut pisau.
sementara saya sendiri mempunyai banyak sekali literatur dan gambar dimana benda seperti ini
dan benda seperti ini
dengan penambahan alat-alat lainnya, mampu melakukan penyayatan, bahkan pemotongan. dan kalau ditanya dari bahan apa mereka dibuat ? atau berapa kekerasan maksimum dari makhluk-makhluk ini... saya kira sudah tidak diragukan lagi. tetapi apakah mereka layak disebut pisau ?? nah ini yang bagi saya pribadi masih rancu dan selalu membuat saya tersenyum sendiri.

2 comments:

  1. ijin share, saya juga buat pisau dari BOR TAP jenis bajanya HSS, ukuran bahan 12cm diameter 1.7 cm, jadi pisau dengan panjang bilah 14 cm, tebal 1mm lebih, bilah 4cm, luar biasa gan, tajam banget, keras, dan kalau dipoles pake batu hijau.. WWAAOOWW clink clink... barangkali bermanfaat

    ReplyDelete