Mengunjungi Tambang Obsidian Bandung Purba

Sehubungan dengan kondisi hujan yang terus menerus, pembuatan baja agak ditangguhkan karena lokasi pembuatannya terguyur hujan, Mengisi kebosanan, akhirnya mencoba searching tentang pisau dari batu. Awalnya hanya sesederhana itu, dengan anggapan " ah mudah-mudahan mudah.." kemudian mencoba mengontak bapak T. Bachtiar, yang seorang ahli geologi.  Beliau hanya menujukkan satu tempat dimana tambang bahan baku pisau di Bandung purba dibuat, Kendan, sebuah tempat di daerah Nagreg, Bandung Timur.
Akhirnya minggu kemarin 15/12, berbekal informasi yang serba minim pergilah ke kendan nagreg, dan sesampai di kampung kendan dengan sok gayanya bertanya, "Tambang Batu Bandung Purba", dan bisa dipastikan semua orang bingung dan hanya tidak ada satu orang pun yang bisa menjawab. Beruntung saat istirahat melihat kilatan hitam batu obsidian di jalan yang masih jalan tanah berbatu, dan dengan menunjukkan contoh batu itu akhirnya jawaban yang diharapkan pun ditemui.
" Wah batu beling mah disisi lio, dipiceunan ang ! paur sok kacugak ! " (wah batu beling banyak dipinggir lio (tempat pembuatan bata merah) dibuang, ngeri suka kena kaki ). Hurraaaa !! langsung lah beribu pertanyaan diluncurkan dan jawaban pun diperoleh dengan mudah.
Dengan sedikit permohonan dan izin ke RT setempat akhirnya diperolehlah foto-foto ini:

 Selamat datang kawan !
 Perjalanan dengan mobil berhenti di rumah bapak RT, karena ternyata jalannya licin, dan lumayan dalam, dan penampakan batu kendan di mana-mana membuat ngeri.:D
 Melewati beberapa kebun..
 Akhirnya penampakan pertama batu obsidian...
 dan banyak penampakan-penampakan lainnya..
 ini jugaaaa... woaaa banyaaakkkk !
 setelah berjalan sedikit lagi melewati lio (tempat pembuatan bata merah)..
 sampailah ke tempat mencicipi.... menggunakan teknik knapping, teknik yang sengaja disearching sehari sebelumnya di gugel..:D
 dan.... razorsharp ! tajammmm !
dari tempat ini dipisahkan beberapa bongkah batu obsidian untuk keperluan pembuatan replika pisau zaman paleolitikum, dengan rasa modern... mudah-mudahan... :D doakan saya pemirsa..

nah ini adonan pembuatan bata merah... dan ini diaduk dengan cara diinjak oleh kaki, nah bayangkan kalau batu-batu itu ada di dalamnya.... waduh !!..

pembuatan bata merah... ekstra dari kunjungan kali ini...
Nah setelah percobaan pertama, ternyata membuat pisau batu tak semudah kelihatannya...jangankan sampai mengasah, hanya membuat bentuk saja sulitnya minta ampun, mudah-mudahan beberapa hari ke depan bisa selesai deh...:D

3 comments:

  1. ajib kang.....saya selalu mengikuti proses cerita dari blog nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan.... kirim cendol dong gan.. katanya cendol Kalimantan enak.. heuheueh

      Delete