Spyderco Tenacious G10 Turun Gunung

Alkisah menjelang akhir tahun 2012 silam saya mendapatkan sebuah pisau, Spyderco Tenacious G10 Combo Blade, dari rekan-rekan di Forum Pisau Indonesia. dan enam bulan yang lalu pisau itu saya titipkan untuk digunakan sehari-hari dipakai kegiatan bekerja sehari-hari untuk pekerjaan yang berhubungan dengan berkebun tentunya, Meraut bambu pagar, mencangkok, pekerjaan beternak yang menggunakan pisau dan semacamnya. Setelah 6 bulan dititipkan untuk menempuh hutan, dan kebun, dan digunakan sehari-hari tanpa niat untuk meng-abuse  dan dipersilakhan kepada penggunanya untuk mengasah, dan hanya menemui batu asahan seadanya untuk asah manakala ketajaman berkurang ini yang dikatakan :

1. Secara psikis benar-benar memberikan kepercayaan diri, baik dihadapan orang lain (show) ataupun untuk menghadapi pekerjaan. Ini point utama untuk harga pisau diatas rata-rata, kalo hanya sama tajem seperti rekan saya Mahendra Ibnu Fadillah bilang, pagar aja diasah tajem..:D
2. Ketahanan tajam kuat, lebih kuat dari pisau pasar, lalu kenapa diasah? kalau pisau yang dimiliki dipake buat ngeraut bambu, ngorek bambu tiap hari saya fikir pisau INFI pun seminggu bisa berkurang ketajamannya, nah disini saya mulai harus mengingatkan (ciyeee... sok banget gue yah ?? wkwkw) rekan-rekan untuk mempertimbangkan agar bukan hanya ketahanan tajam yang diperhatikan tapi kemudahan untuk diasah ulang pada pisau juga harus lebih baik. Kecuali niat untuk dijual lagi tentunya..:D
3. Serrated Blade yang orang dititipinnya bilang gergaji, kurang berguna untuk pisau dengan ukuran sependek itu, kalo berfungsi iya, toh kalo kita coba bisa, tetapi dalam keseharian terlalu sedikit pekerjaan yang membutuhkan serrated blade seperti itu.
4. Ybs jempolnya pernah terluka saat menutup blade dengan satu tangan, akhirnya ditutup dengan cellotape, dan permintaan nya apabila bisa minta tolong untuk ditumpulkan bagian tersebut, Nggak semua pengguna pisau familier dengan sistem opening dan locking seperti ini, dan pisau yang bagus selain tajam harus aman untuk penggunanya kan ? IMHO
5. Profil yang ada pada handle bagus, pemilihan bahan dari G10 (kalo bener) atau bahan lain yang relatif tahan karat sepertinya direkomendasikan untuk pisau-pisau yang digunakan sehari-hari, terutama untuk pekerjaan di daerah lembap atau sering terkena air.
6. Terimakasih untuk telah mengizinkan mencoba pisau ini,

...dan terimakasih ini saya teruskan kepada rekan-rekan IB yang telah memberikannya kepada saya, sebuah pisau yang saya sendiri tidak pernah bermimpi memilikinya, melihat orang yang dititipinnya bercerita tentang kehebatan pisau ini lebih memberikan kebahagiaan lagi, betapa setiap orang yang melihatnya selalu berkata :" Peso alus! sabaraha hargana ? Dimana meulina? Cik Nyobaan !" (Pisau Bagus ! Berapa Harganya? Dimana Belinya ? Boleh Coba ?)
Untuk semua pertanyaan itu saya yakin semua bisa menjawab, kecuali pertanyaan terakhir. Mungkin terasa berlebihan, tetapi saat orang yang tidak tahu tentang pisau berkata boleh coba lalu memegang, mencoba merautkan, menetakkan, rasanya seperti semua harga diri, kita percayakan pada pisau itu.
Nah .. ada yang mau titipin pisaunya untuk direview dalam penggunaan sehari-hari ? just call me..:D

No comments:

Post a Comment