Daftar Baja Yang sering dipakai Pembuatan Pisau

Ada sangat banyak bahan yang bisa digunakan sebagai pisau, mulai dari kayu, batu, perunggu, perak sampai bahan sangat rahhasia :D tapi secara umum yang banyak digunakan adalah Baja (Steel). Secara umum terminologi Baja adalah Paduan Paduan besi dan karbon, sengan kadar karbon antara 0,2 sampai 2,1 % dan dapat berbeda pada beberapa jenis baja.
Untuk penggunaan pada pisau semua jenis baja pada dasarnya bisa digunakan yang berbeda adalah hasil akhir, kekuatan dan ketahanan pisau tersebut. Secara umum penambahan bahan tambah lain seperti Vanadium, Chromium, Tungsten, Molybdenum sangat mungkin dilakukan untuk menambah keunggulan properties dari Baja. Dari penambahan inilah diperoleh jenis baja paduan baru seperti Baja Tungsten, HSS, Baja Chrome Vanadium dan lain sebagainya.
Stainless Steel adalah jenis Baja Paduan yang memiliki kandungan chrome tinggi, beberapa literatur membatasi baja jenis ini pada baja yang memiliki kandungan 10,5% sementara literatur yang lain pada 13%. Patut diingat dan diperhatikan Kata Stainless tidak berarti Anti Karat, tetapi tahan karat. Jadi, Sebenarnya masih mungkin berkarat pada batas-batas tertentu, Nama lain yang biasa dibubuhkan pada Baja jenis ini adalah Baja Inox (Inoxidable), atau CRES (Corrotion Ressistant Steel).
Kembali ke Baja untuk pisau, pada dasarnya semua baja bisa digunakan untuk pisau namun ada beberapa baja yang umum digunakan diantaranya :


  • 154 CM: Carbon 1.05 %; Manganese 0.5%; Chromium 14%. baja Paduan Karbon tinggi, sangat keras pertama digunakan pada pisau 1972. Pisau buatan Gerber dan  Benchmade.
  • 420: Carbon 0.15%-0.6%; 1% Manganese; 12-14% Chromium. Tidak termasuk yang mahal tapi keras
  • 420HC: Carbon 0.5-0.7%; Manganese 0.35-0.9%; Chromium 13.5%. populer untuk pisau, Pisau  buatan Gerber dan Buck
  • 440A: Carbon 0.60-0.75%; Manganese 1.0%; Chromium 16.0-18.0%. Paduan Tinggi Carbon tinggi tinggi krom conto pisau SOG SEAL 2000.
  • 440B: Carbon 0.75-0.95%; Manganese 1.0%; Chromium 16-18%. Dipakai oleh Randall Knives.
  • 440C: Carbon 0.95 - 1.20%; Manganese 0.40%; Chromium 17.0%; Vanadium 0.50%; Molybdenum 0.50%.  Paling populer paling banyak pisau pake ini, cukup enak untuk dikerjakan tetapi keras seteleh heat treatment.
  • ATS34: 154 CM Carbon 1.05%; Manganese 0.4%; Chromium 14.0%. Satu jenis, cuman yang ATS buatan jepang
  • AUS-8: Carbon 0.7-0.8%; Manganese 1.0%; Chromium 13.0-14.5%; Nickel 0.5%; Vanadium 0.1-0.25%; Molybdenum 0.1 - 0.3%. Kuat juga yang pake baja ini banyak cth Spyderco, SOG, Kershaw dll
  • CPM-S30V atau S30V : Carbon 1.45%; Chromium 14%; Molybdenum 2%; Vanadium 4%.  besi bagus.. (semua bagus ya.... hahahaha) ketahanan pakai tinggi, keras termasuk paling bagus untuk pisau.pemakai Spyderco, Lone Wolf, Benchmade.
  • CPM440V: Carbon 2.15%; Manganese 0.4%; Chromium 17%; Vanadium 5.5%; Molybdenum 0.4%. Keras bangeeetttttt !!! semangkin tinggi karbon relatif semakin keras,  pemakai CPM 440V Kershawfolding knives.
  • D-2: Carbon 1.5%; Molybdenum 1%; Chromium 12%Vanadium 1%. Nah mulai boss.... ini kelas tool steel, cirinya karbon diatas 0.8 % chrome dibawah 13% banyak sekali bladesmith yang pake bahan ini
  • Damascu Steel: hmmm Kepanjangan.....posting terpisah aja..
  • M-2: Carbon 0.85%; Tungsten 6.35%; Molybdenum 5.0%; Chromium 4.0%; Vanadium 2%. Ini kelasnya HSS (High speed steel) red hardness tinggi cirinya dia punya kandungan tungsten/molybdenum tinggi aslinya dipakai buat perkakas potong untuk pengerjaan baja, contoh mata mesin milling atau mata mesin bubut.
  • M-4: Carbon 1.3%; Tungsten 6.35%; Molybdenum 5.0%; Chromium 4.0%; Vanadium 4%. Gak jauh beda dari yang di atas, cuman lebih kerassss..
  • O-1: Carbon .85-1%; Manganese 1-1.4%; Chromium 0.4-0.6%; Vanadium 0.3%. A very popular, easy to tool, high carbon steel. Tool steel, paling banyak dipakai paling mudah dikerjakan baik hot/cold work.
  • Sandvic 12C27: Carbon 0.6%; Manganese 0.35%; Chromium 14.0%. Baja Swedia
  • Z60CDV14: Carbon 0.6-0.65%; Manganese 0.45%; Chromium 14%; Nickel 0.15%; Vanadium 0.15 to 0.2%; Molybdenum 0.55 to 0.6%. Dipakai oleh CRKT, edge retention bagus, mudah diasah
  •  kalau ada yang hafal sambungannya silahkan diupdet.....

217 comments:

  1. Gi... Kalo beli pisau2(yg bagus) biasana keterangan baja yg digunakanna kumaha?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika anda membutuhkan suplier Bahan pembuat pisau atw distributor besi di jakarta,
      Beyond-steel Indonesia bisa menjadi referensi anda untuk berbelanja. menjual aneka baja dan Stainless industri dengan kualitas terjamin, c/w certificate.

      Jual Baja SKD61,
      Jual Besi SKD11,
      Jual HSS SKH51,
      Jual Baja SK3,
      Jual Baja SKT4,
      Jual Stainless 420J2,
      Jual Baja SK5,

      Untuk info lebih lengkap silahkan hubungi: sales@beyond-steel.com

      Delete
  2. Kalo pisau bagus, biasana baja na ditulis, distempelkeun dina bilah atawa ditulis jelas dina brosur.

    ReplyDelete
  3. Spring steel 5160 elok banget.

    ReplyDelete
  4. kalau yg sekelas pedang Samurai(katana) kira2 komposisi bajanya gimana yaaa. . . perlu tahu donk !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pisau membeli pisau top dunia, dengan jaminan keaslian dan harga terjangkau , silakan kunjungi https://m.tokopedia.com/kevinxu
      Tersedia pisau Top Jepang dan Jerman stok terbatas. Terima kasih

      Delete
  5. @ Anonymous 1, Spring Steel 5160 luar biasa.... bahannya banyak hasilnya mantapsss...
    @ Anonymous 2, Setahu saya Katana bisa dibuat dari baja apapun.... adapun satu bahan yang tidak dibahas di sini dan biasa digunakan untuk Katana, yaitu TAMAHAGANE, komposisinya sendiri hampir sama dengan Pig Iron, yaitu besi kasar dengan banyak pengotor dan adalah keterampilan dari pembuat Katana itu untuk "memurnikannya" dan menjadikannya baja yang mumpuni diantaranya dengan membuat lipatan.... ada yang mungkin tahu lebih banyak silahkan dilanjut....

    ReplyDelete
  6. pembuatan blade katana dengan lipatan alias dilapis-lapis seperti "sandwich" menghasilkan blade yang super tajam, super kuat tapi tetap memiliki kelenturan yang baik sehingga tidak mudah patah.

    ReplyDelete
  7. Bro, saya mau pesan Pisau Bowie yang bisa dipakai disegala situasi ( lempar, tebas kayu dll), soalnya mau dipake dilapangan boleh kasih ukuran yang pas buat pisau bowie saya. thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  8. @anonymous, terimakasih atas pesanannya, namun untuk saat ini saya belum bisa memenuhi pesanan tersebut, untuk ukuran pisau yang bisa dipake menebas kayu, setidaknya ukuran golok dengan panjang bilah 30 cm, bisa dikatakan cukup, untuk dilempar juga bisa, tetapi untuk dibawa sehari-hari saya agak sangsi, karena ukuran segede itu akan sangat berat, mungkin bila lapangannya lebih spesifik setidaknya saya sedikit bisa memberi saran, atau mungkin Bro bisa check pisau-pisau RAT, apakah model seperti itu yang dimaksud ?

    ReplyDelete
  9. byu:

    aya nggak kang,contoh baja yang sudah jadi, misal: per mobil,dll yang sama dengan postingan diatas?trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud sudah jadi ? sudah jadi pisau ??? beberapa postingan pisau yang saya buat biasanya mencantumkan nama bahannya....silahkan dibuka-buka halaman yang lainnya....

      Delete
    2. Bahan baja k340 apa keunggulan khususnya dan bila di buat bilah pisau bowie menurut agan apa sesuai?

      Delete
  10. wah akhirnya nemu juga komunitas penggemar pisau....salam kenal ya Bro...saya di sby..
    oky

    ReplyDelete
    Replies
    1. komunitas lengkap penggemar pisau bisa bro search di forum kaskus... disana lebih lengkap para master juga kumpul disana... banyak ilmu yang bisa ditimba... btw... chapter surabaya ada nggak ya..:D

      Delete
  11. om ane izin copas ya artikelnya untuk bahan tugas kuliah ane :).. matur nuwun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan, di cross check juga dengan artikel dari web yang lain...biar lebih valid, kalo ada kesalahan posting aja disini.

      Delete
  12. terima kasih om, sangat membantu blognya :)

    ReplyDelete
  13. misi gan kalau pisau degan bahan Carbon Steel with Hi
    bisa kasi penjelasan na tak gan thank gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah baru denger tuh... Hi apa yah ? boleh lah difoto tulisannya atau type pisaunya... biar bisa dipakai diskusi..

      Delete
  14. gan, numpang nanya kalau per mobil jenis baja apa ya? mohon pencerahannya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pribadi memasukan semua jenis per ke golongan baja scrap(Kalau itu akan dibuat pisau), karena baja itu termasuk baja bekas, kecuali bahan pembuatan bajanya dituliskan disana, untuk perbandingan kemungkinan besar baja yang digunakan untuk per konon memiliki kandungan karbon antara 0,6-0,9% karbon. tentu saja tidak menutup kemungkinan adanya unsur lain yang digunakan untuk menambah material properties dari per sesuai dengan kebutuhan. plkus perlakuan panas (Heat treatment) yang diberikan untuk menambah elastisitas dan ketangguhan (toughness) dari per. Jadi kalo material per digunakan untuk pisau, ukuran suhu, media quenching, saat proses HT/pengerasan pisau berbahan per akan berbeda satu dengan yang lainnya. demikian semoga berkenan

      Delete
  15. numpah share y gan. kalo pembuatan katana setahu say dengn mnggnakan pasir besi yg dibakar dicampur arang selama 3 hari yg menghasilkan bongkahan besi baja ( tamahagane ) yg berupa sisa dari pembakaran pasir besi tadi. kemudian ditempa dan dilipat2 ( hingga puluhan x lipatan ) kemudian untuk proses katana yg melengkung t sbnarnya adalah trjadi karna proses pembakaran tersebut. ketika bilah sudah terbentuk, maka bilah diolelsi arang yg dicampur air ( hingga mengental - untuk pengolesan bagian tajamnya ) kmudian dioleskan tanah liat yg dikasih air ( kental - yg dioleskan di bagian belakang pedang ) kemudian dibakar dan dicelupkaan di air/ oli. nah pendinginan yg tiba2 inilah yg membuat pedang katana melengkung dan mnjadi ciri kas pedang samurai ( mohon koreksinya agan2 semuaa )

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap share nya gan..:D tidak ada yang perlu dikoreksi kecuali sedikit mempertajam bahwa tamahagane bukan SISA pembakaran pasir, tetapi proses pemurnian besi dari bijih besi (pasir besi)memang menggunakan panas tinggi, pada panas tinggi ini Fe2O4 direaksikan pada suhu tinggi untuk akhirnya menghasilkan FeC...

      Delete
  16. Brow lo bikin nempa sendiri atau beli sama orang lain,,kalau dilihat pencerahan'nya,,kaya nya lo lihat di geogle ya,,detail banget,,yg nempa'nya aja belum tentu tahu kadar2nya,,wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo daftar baja di atas, beberapa dari diktat kuliah, beberapa dari gugel,daftar baja ini buat pengetahuan aja bro, banyak rekan-rekan hobby-ist pisau yang nyari komposisi dari bahan bladenya, buat debat diantara sesama penyuka pisau kali..

      Delete
  17. KAng mau ikutan nanya kalo mau buat pisau mesin pemcacah pake bahan per mobil bagus ngga..............?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa bulan yang lalu ada rekan disini (lembang) yang buat pencacah menggunakan per, untuk mencacah rumput bagus, tapi kalo bisa minta VCN ke pembuatnya lebih bagus, tambahan kalau mau pake per, setelah hardening, ditemper 3x1 jam pada suhu 200 derajat untuk mengurangi kemungkinan pisaunya pecah. semoga bermanfaat

      Delete
  18. numpang nanya gan..sori nih ane bener2 awam soal ginian..ane mau beli machete ni..tapi bahannya dari stainless steel..ada temen nyaranin ga usah beli..ga bagus katanya..bener nya gimana ya gan???? respon pls ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf telat dua hari, Stainles Steel itu banyak jenisnya, yang umum dipakai biasanya dari kelas 440, contoh yang pake Victorinox, yang lainnya banyak, nah sekarang tinggal machette nya merk apa? siapa pembuatnya,biasanya kalo buatan luar ada spesifikasinya jelas, kalo nggak jelas ya mending jangan, bisa dibantu merk sama typenya ?

      Delete
  19. mas klo mau bikin pedang shirasaya sword bahan paling bagus apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tamahagane,... kalo susah nyari bahannya beli yang sudah jadi pedangnya banyak, bahkan rasanya lebih banyak daripada yang jual bahan.

      Delete
  20. mass klo mo ccari baja 5160 dimana y ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dibandung sendiri saya kurang hafal, kalo di Jakarta bisa mas boba kontak id pandan candrawan di fb, ybs punya banyak koneksi dengan suplier baja bagus.

      Delete
  21. misi gan nmpang tanya klo untuk taji ayam bagusnya baja apa ya tks...

    ReplyDelete
  22. Bang bahan katana kan ada yang pake SLD.
    SLD tu bahan apa(spesifikasinya)?
    maklum awam

    ReplyDelete
    Replies
    1. SLD itu nama dagang untuk jenis Tool Steel, kalo nggak salah D2 masuk di kategori ini, produk terbaru SLD-MAGIC, yang jelas magic nya bukan klenik dan nggak berarti bisa ilang, kandungan karbonya tinggi sekitar 1,5%, kandungan Cr nya juga tinggi sekitar 12% termasuk air hardenend steel juga, untuk referensi bisa dicoba gugling SLD Hitachi,

      Delete
  23. Mas kalau mau pesan baja karbon lembaran 5mm dimana ya? Mau bikin blank blade

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo hanya baja karbon biasa di toko besi besar di daerah setempat biasanya ada, kalo pesen bahan khusus SK 5, D2 coba kontak id kaskus, eleanor106

      Delete
    2. pingin kujang yg bagus terbuat dari apa kang?

      Delete
    3. gimana keinginan kalo itu mah,.. kalo pengen uratnya bagus ya balik mipih/baja selap/damascus.. bagus semua

      Delete
  24. kang, kenapa pada gak buat komposisi bilet baja sendiri yg orisinal buatan anak negeri..khan bisa dijual ke rekan2 yg pada mau belajar buat pisau sendiri....biar mengurangi resiko kerugian akibat trial and error....hehehe...sekedar saran dan masukan ini kang....nuhun yudha ( semarang )..salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga... waduh bikin baja ya.... untuk komposisi yang spesifik teknologinya yang blom nyampe untuk baja sederhana lagi dalam proses, tapi masih lebih murah beli per kalo buat belajar..:D trial dan eror dalam belajar anggap saja biaya belajar...:D

      Delete
  25. Wah Mas, Artikelnya sangat membantu saya yang baru belajar. Saya mau coba experimen pake W-2, cuma kesulitan cari bahannya. Tau tempat cari bahan W-2 steel? Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau pake W-2 ya.. bahan itu umum dipake di kikir, cuman spesifiknya merk apa kadang suka berbeda... tapi bisa dicoba pake kikir dulu... semoga sukses ujicobanya..:D

      Delete
    2. Siap Gan. Thanks a lot. Oh iya, cuma sekedar sharing, mungkin Om Giandjar juga sudah tau. Normalisasi, hardening, dan tempering yang dilakukan beberapa kali ternyata berpengaruh terhadap hasil akhir. Menurut saya, hasilnya jadi lebih baik.

      Delete
    3. Siap juga gan... kalau berkenan, bantu postingan perbandingan hasil proses tempering nya gan..silahkan kirim ke giaartcraft@yahoo.com... kita berbagi ilmu..:D

      Delete
  26. admin tolong sms ke no hp saya : 085285078384
    Rekomendasikan Nama-nama Perusahaan Yg ngejual VCN utk Wilayah Jakarta ... (selain Assab lohh ) ...Thx

    ReplyDelete
  27. Gan, tau gak toko( online ) yang jual katana... ane butuh bahan stainless steel.. badget di bawah 500k.. ada gak? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk harga dibawah 500 ribu kurang begitu hafal, tetapi untuk tanya harga secara langsung bisa kontak id facebook, pisau Pandawa, semoga membantu

      Delete
  28. misi gan mau numpang nanya,,,besi carbon yang yang bagus buat pisau dan keras yang gampang kita temui contohnya apa ya ,,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua jenis per mobil, semua jenis as roda, semua jenis bearing/laher/ piringan rem, banyak...yang tidak direkomendasikan untuk dibuat pisau itu besi buat konstruksi/pagar/pipa itu aja..

      Delete
    2. Maaf gan, sya kan beli pisau dri laher, bisa gk disepuh lg biar lebih kuat dan awet tajam gt, soalnya buat iris iris daging kurang awet tajamnya

      Delete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. mau naya gan ...apa itu besi duplex ?.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin yang dimaksud Stainless Steel Duplex, ada banyak jenis BAja ANti Karat duplex ini, tetapi secara umum duplex merupakan baja anti karat yang lebih baik betahanan karat dan properties nya dibanding 440

      Delete
  31. permisi gan mau nanya ...gmn cara ngetes bahan pisau yg bagus bg org awam spt sy ......krn d t4 krj sy banyak sekali bahan berbagai besi/baja.....sy krj d workshop pengeboran minyak....thk sebelumnya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling mudah adalah spark test, pada umumnya untuk bisa digunakan menjadi bahan pisau kandungan karbon pada baja harus tinggi, ada chart khusus untuk menilai kandungan karbon dengan melihat percikan besi saat digerinda, bisa di googling chart yang bisa digunakan atau silahkan dilihat di laman ini [http://en.wikipedia.org/wiki/Spark_testing]

      Delete
  32. harga pisau pisaunya lumayan mahal mahal ya gan?
    tapi kualitasnya apakah bagus juga tuh?
    saya pernah melihat yang bisa melengkung, namun tidak sampai patah, kira kira itu dari bahan apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud melengkung saya kurang mengerti, tetapi adatest untuk mengetahui sejauhmana pisau itu cukup keras untuk bisa mempertahankan ketajaman tetapi tangguh dan ulet untuk bisa menahan beban bengkok, dan ujinya adalah uji bengkok (bending test) uji ini adalh uji standar American Bladesmith Society, dan bahan yang digunakan diserahkan kepada masing-masing pembuat, beberapa dari mereka menggunakan bola bearing sebagai bahan pisau.

      Delete
  33. kang maaf numpang nanya2 nih. kalo pisau shakaulu dari CRKT Ken Onion di indonesia ada yang jual gak ya kang?atau mungkin sudah ada yang bisa membuat sama persis seperti itu gak kang? trus kalo warna dari pisau agar dapat berwarna hitam seperti itu digimanain ya kang?oia dan juga pisau Redemption dari brand yang sama. mohon pencerahannya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon pencerahannya kang

      Delete
    2. Maaf baru bisa balas, kalau hanya meniru, banyak knifemaker yang bisa bantu membuatkan, tetapi kalau ingin original, dan saya memang selalu menyarankan original untuk design yang sudah ada (untuk penghormatan kepada pemilik design), untuk ketersediaan saya kontak dulu beberapa rekan barangkali ada yang nyimpen, dan untuk menghitamkan, itu banyak sekali tekniknya ada blackening, electroplating bagaimana kebutuhan. lebih lengkap jawaban tunggu beberapa jam kedepan..:D

      Delete
    3. Nah ini tambahannya, saya barusan bikin satu postingan mudah-mudahan bisa membantu rekan-rekan yang mencari pisau original/pisau dari luar negeri
      http://pisauku.blogspot.com/2014/04/mau-beli-pisau-import-ini-caranya.html

      Delete
    4. makasih banyak kang pencerahannya. kang ada gak artikel akang yang ngebahas teknik2 untuk menghitamkan tersebut?

      Delete
    5. kebetulan belum ada karena kebanyakan artikel disini syarat utamanya saya harus kerjakan dan ambil gambarnya sendiri, mudah-mudahan kedepannya kalau saya langsung kerjakan bisa diposting.

      Delete
  34. gan,, baja mana yang pling kuat dan tahan lama ketajamannya klo di jadin pisau kecil..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf komennya masuk spam,.. coba O1 atau D2 gan..

      Delete
  35. Ketik apa nich untuk cari katalog sale knife agan nich...ima made arigatou,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba disini gan... http://pisauku.blogspot.com/search/label/Jualan... barangkali berkenan masih ada beberapa

      Delete
  36. kalau baja ST 37 gimana kang? apa layak dibikin pisau?
    soalnya saya punya 2 lempeng dengan ketebalan 5 dan 6 mm...
    kira2 kalau layak dibikin pisau, pisau yang kayak gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu-satunya pisau yang sering saya buat dari ST 37, ya pisau lempar, nggak pernah di HT, dilempar juga kalo kena pisau yang lain kemungkinan patahnya kecil.... saya punya beberapa pisau dengan bahan ini.:D

      Delete
    2. nah, pisau yang dari bahan ini gimana menurut kang gianjar??
      karakter besinya saya masih kurang paham sebenernya... :P

      terimakasih sebelumnya...

      Delete
    3. Tidak terlalu layak dibuat pisau, sekalipun bisa ditajamkan, tetapi kemampuan menahan ketajamannya sangat buruk. kecuali untuk dibuat pisau lempar itupun dengan sudut bevel yang sangat besar.
      pisau lempar yang saya buat dari ST 37, bisa dilihat di http://pisauku.blogspot.com/2011/10/flying-metal.html
      perhatikan bahwa bevel pada umumnya sangat sempit, tidak ditajamkan dan disisakan minimal 1 mm pada bagian egde-nya.. semoga berkenan dan terimakasih kembali..:D

      Delete
    4. terimakasih banyak atas informasinya :D

      Delete
  37. punten kang,, numpang nanya,, beberapa tmn2 pengrajin sering nawarin katana dengan bahan bilah spring willis,, naah yg mw saya tanya, apa sekarang msh ada yg jual per tersebut,,? secara yg kita tw mobil jeep willis udah langka bgt dan ga murah,, emeng kandungan nya apa aja kang d per willis ,,? mohon pencerahan nya,, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masih jual per bekas willys mungkin saja, memang agak susah tapi kadang masih bisa nemu di pasar loak, kalau untuk bahan kemungkinan tersebsar bahan untuk per willys adalah AISI 5160, untuk kandungan secara umum bisa di googling dengan kata "AISI 5160 properties"atau sebangsanya... akan lebih lengkap daripada saya coppas kesini.. semoga berkenan.

      Delete
  38. terima kasih banyak kang pencerahan nya,,

    ReplyDelete
  39. gan punya info yang jual AS VCN diameter 200? diglodok ad g y?ane di tangerang mentok diameter 175'n...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh saya malah sukanya nyari yang plat, jadi untuk as kurang hafal...

      Delete
  40. Kang untuk kandungan baja yang terkandung pada pisau damaskus dan cara pembuatanya gimana kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Damascus saat ini lebih pada sebutan untuk pisau dengan dua jenis atau lebih bahan yang disatukan pada umumnya dengan teknik hot welding, jadi kalau yang disatukannya O1 dan 1095 ya kurang lebih sifat bahannya mengikuti bahan aslinya, untuk cara pembuatan mudah-mudahan saya sempat membuat tulisannya terpisah.

      Delete
  41. Kang, Kandungan dr baja Bearing bekas Truk / Mobil, dsb itu pa Kang?
    Trus jika dbandingkan dg Spring Steel lebih kuat dan tahan mana Kang (dilihat dr ketajaman, ketahanan, Lebih cepat tumpul mana) jika perawatan dn penggunaan yg sma?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada umumnya bantalan dan bola memiliki bahan yang berbeda beberapa bahan yang biasa digunakan sebagai bahan bearing adalah 52100, dan 440 C beberapa bahan lain juga banyak, termasuk plastik, karena pada dasaranya kepentingan ketahanan gesek, ketangguhan, ketahanan karat, menjadi komponen utama pemilihan bahan bearing maka secara umum bahan bearing pada beberapa sifat lebih baik dibandingkan bahan per. contohnya 52100, merupakan bahan yang paling banyak diinginkan untuk pembuatan pisau oleh banyak knifemaker custom/handmade di amerika

      Delete
  42. assalamualaikum n met pagi Kang. terima kasih atas penjelasn d atas. Kang, Sy ada Skinner, Sangkur Ala Game Counter Strike (agak mirip sih) dr bahan Spring steel, Tombak dg model Kopassus Knife dr Bahan Kikir Besi, Ada lagi Skinner dan Pisau Model Badik dr Bahan Bearing. Semuanya dibuat oleh pandai besi Tradisonal dg upah antara 40-50rb per bh trgantung bahan dn ukuran dn blm dipoles.
    Yg mw Sy tanyakan adlh gmna ya Kang cara melakukan mirror polish dg alat sedrhana yg mudah ddapat dan biasanya makn wktu brapa lama?
    Dan 1 lg, Teman Sy ada Pisau bekas dari Mesin potong rumput, disitu trtulis SK5 made in Japan. Mudahan bisa Sy Minta. Nah Kira2 gmna ya Kualitas Logam tsb dbanding D2, ATS, Bearing, dsb jika dibuat pisau? Dan Seandainya Sy buatkn sebuah Pisau tanpa HT, hanya dg proses Grinda dan Kikir doank apakah hasilnya baik?
    O ya Kang, Kira2 SK5 tsb bagus dibuat pisau model apa Ya? (Skinner, Throwing, bowie, atw Pisau Dapur) maaf Kang banyak tanya, maklum masih amatiran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mantap,.. boleh kiranya nanti dibagi fotonya, silahkan kirim ke giaartcraft@yahoo.com nanti saya bikin galerry sendiri untuk pisau dari rekan-rekan, untuk sampai mirror polish lakukan pengampelasan bertingkat, bila memakai mesin pakai grit 100, 200, 400, 800 selanjutnya gunakan di buffing menggunakan langsol/batu hijau, grit amplas lebih tinggi maka permukaan akan lebih halus..
      untuk bahan SK 5, ada banyak pisau yang menggunakan bahan ini, pisau dari ColdSteel pun ada yang memakai bahan ini, pada umumnya pisau ini memiliki ketangguhan cukup baik, seri trailmaster, atau bushman ada yang menggunakan bahan ini, salah satu contoh pisau yang saya miliki bisa dilihat pada link di bawah
      http://3.bp.blogspot.com/-yhftgdkZX0k/U-1reEDYwRI/AAAAAAAAB4E/zQD4MoGqRbg/s1600/coldsteel%2Bbushman.jpg
      semoga berkenan

      Delete
    2. Kang Kira2 , dari bahan bekas Pisau Mesin Potong Rumput (SK5)itu, dg bentuk sprt itu cocoknya dibuat pisau apa ya ? dan tanpa proses HT hanya gerinda dn kikir Doank apakah bagus?

      Delete
    3. Pada dasarnya kita bisa berkreasi sejauh mungkin dengan bahan tersebut, Heat Treatment dimaksudkan untuk mendapatkan sifat bahan yang kita inginkan untuk baik digunakan untuk proses pengerjaan maupun sifat akhir dari bahan yang diinginkan, jadi pada setiap proses pengerjaan HT dibutuhkan entah itu untuk memperlunak bahan, mengeraskan, meningkatkan ketangguhan, elastisitas dan lain sebagainya.

      Delete
  43. Oke kang, gambarnya sudh Sy kirim.
    Mohon maaf Kang klo gambarnya agak blur, mudahn Sy dpt pencerahan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantaapp.. baguss.... siap.. nanti saya bikin galerry khusus foto dari rekan-rekan..biar rame..:D

      Delete
    2. O ya Kang d FB Sy ada add Akang lho dr FB Sy a.n Norman

      Delete
    3. Siap... saya sudah add. maaf agak kedorong kebawah jadi nggak kebaca..:D

      Delete
  44. Gan. Info donk mengenai besi swedia bt pisau mesin giling.. hp saya 087883708155 atau pin bb 30 bf4e6d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang dimaksud Baja-baja buatan Swedia, bisa dicoba menghubungi PT Sandvik Indonesia (Sandvik Coromant) no telp.(21) 782 7061/2 ada banyak pilihan bahan disana... semoga bermanfaat

      Delete
  45. Maaf Gan, mau nanya apakah bahan duplex bagus buat pisau potong daging? Terima kasih, saya ingin mencobanya dan apakah duplex bisa disepuh lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah pakai duplex untuk pisau, saya sendiri belum pernah mencobanya karena termasuk bahan yang kurang direkomendasikan untuk pisau, saya punya tapi dipakai untuk membuat beberapa asesoris saja.

      Delete
  46. gan numpang tanya, saya buat pisau dari bahan SK5, tapi karena dari lembaran lgsg saya bentuk pake grinda jadinya agak kurang tajam.. boleh tau cara SEPUH SK5, suhu dan liquid untuk quenching nya... makasi gan..

    ReplyDelete
  47. bos gian,, saya mau buat pisau taji ayam yg awet ketajamannya bahan sejenis mata gergaji merek apa ya,,, so qu ngk tau ,,, neh klo ultra mayor mudah tumpul tuh,, bantu dong??? thenk's bos gian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gitu coba bekas bar chainsaw aja,.. coba merk stihl..dengan HT yang bagus ketajamannya tahan

      Delete
  48. gan mw tanya dmn bs dapetin baja D2 atw O1 yg eceran...maksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau posisi di bandung ada beberapa tempat yang bisa menyediakan. Pusat penjualan besi Arjuna salah satunya, cari aja besi bertuliskan Hitachi SLD atau SKD.

      Delete
  49. D mna tempat blajar pandai besi ini kang.. dri dlo gregetan mau blajar.. tp d riau ud punah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. BErdasarkan info dari rekan di seputaran Riau, kalau tempat belajar saya kurang hafal, tapi kalau tempat pembuatan, ada di daerah Marpoyan Ujung Kota Pekanbaru, mungkin bisa mengunjungi langsung dan berbincang dengan para pembuatnya siapa tahu bisa belajar disana, semoga berkenan

      Delete
  50. Bantalan bearing atau bola bearing yg bagus untuk bahan pisau gan?
    Trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya ball bearing maupun bantalan didesain dari baja yang memiliki kekerasan tinggi, tahan terhadap tekanan dan gesekan (bila dibuat dari baja) dan beberapa produsen ada yang menggunakan satu jenis bahan untuk keduanya,ada yang berbeda, beberapa pembuat pisau senang menggunakan ball nya ada pula yang senang menggunakan bantalannya, kecuali dituliskan bahwa ballnya memiliki spek bahan lebih tinggi. saya pribadi lebih senang dari ball yang ukuran besar, lebih karena tidah karus meluruskan, memotong dan meratakan..:D
      semoga berkenan

      Delete
  51. Thanks gan infonya

    ReplyDelete
  52. Salam kenal bung ginanjar top bget bahasannya,minta info bung ad gak ya yg bs buat katana bilah bawah sangat super tajam bs tebas kertas d udara/tebas bambu,trus bilah atas sangat super kuat bs tebas paku 10cm,bahan baja terserah si empu yg penting bs buat spek d atas trims ditunggu balasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh maaf sampe saat ini saya masih belum mengetahui pembuat katana yang memenuhi spek tersebut maaf

      Delete
  53. Mas beli besi batangan di toko apaan ya,kalo beli besi di toko besi bekas sulit identifikasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba searching Bohlindo Indonesia, Bhineka Bajanas.... mereka punya informasi lengkap tentang baja yang bisa digunakan untuk pisau

      Delete
  54. Baja SKD11dengan SKD15 lebih bagus mana untuk pisu skinner

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini saya pake setara SKD 11, baik SLD dari Hitachi atau K110 dari bohler, dan belum menemui permasalahan baik saat pembuatan maupun penggunaan, tahan terhadap karat walau sedikit susah saat diasah ulang, sementara untuk SKD 15, saya belum pernah menggunakan..

      Delete
  55. Salam. Bagaimana cara mengasah pisau SKD ii/D2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini saya asah menggunakan asahan sudut yang tersedia di pasaran dengan grit asahan bertingkat dari 200-400-600 dan 800

      Delete
  56. Kang kalau baja dari circular saw tebal 3 mm apa perlu d hardening lagi untuk ketahan tajam nya dan baja nya bagus gak untuk pisaw.. makasih kasih kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru dibales,... hardening perlu karena biasanya ada penurunan kekerasan karena pengerjaan pisau atau karena kekerasan yang diinginkan belum tercapai, untuk circulat saw berbahan baja karbon tinggi bagus kang..:D

      Delete
  57. gan saya ada rencana ingin membuat pedang menggunakan baja stainless jenis 416 dengan teknik bubut (bukan tempaan), menurut agan gimana ya? Mohon pencerahannya gan.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf agak telat bales..:D
      kalau saya mungkin menyebutnya teknik metal removal/stock removal pada dasarnya menurut saya tidak bermasalah bahkan untuk beberapa kasus hal ini lebih baik dikarenakan baja yang diperoleh dari pabrik umumnya homogen... semoga sukses gan,... boleh di share di sini apabila berkenan..:D

      Delete
  58. Kang kenapa pisau bisa crash/ retak waktu d hardening (tebal baja 3mm) kasih tips nya kang..untuk pundingin nya air ataw oli..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf telat bales..:D
      banyak penyebab baja retak saat hardening,..tegangan dalam, suhu yang tidak sesuai, retak rambut saat proses sebelumnya dll, tipsnya,... coba bakar sampai non magnetis (nggak nempel magnet) lalu hafalkan warnanya, celup di minyak kelapa ( penggunaan minyak kelapa ini untuk meminimalisir dingin yang mendadak... nah setelah selesai baru di test menggunakan kikir, kalau kurang keras, naikkan suhunya... semoga berhasil

      Delete
  59. Selamat sore kang.....
    td setelah melihat lihat postingan dan comment2 ny yg bagus2.....dan sampe skrng msh bingung....

    Mw nanya ni kang....
    Klw mw buat katana....pas saya lihat dan cari2 di google....ad 3 jenis bahan besi...pertama besi paling kuat, kedua besi sedang lalu terakhir besi yg lunak....
    Nah lalu di tempa berlipat2....nah sampe brp x lipatan itu kang??

    Lalu bisa kasih saran gak y kang...tuk buat katana dgn unsur besi yg kuat sama kalau di adu sama2 besi tidak patah....
    Soalnya dulu saya pernah beli dan pas saya cobe iseng2 beradu dgn besi....katana saya patah....
    Mohon pencerahan nya.....
    Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat jam segini,.. maaf telat balesnya
      asyik dong kalau bingung... ntar tambah ilmu :D
      pada dasarnya proses pelipatan adalah unmtuk menmggabungkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing bahan, baja yang keras akan bisa mempertahankan ketajaman tapi punya kelemahan mudah patah, sebaliknya baja yang lebih lunak punya kelenturan tinggi tapi kurang bisa menahan ketajaman
      minimal lipatan,.. yaa tidak dilipat,.. ada istilah yang dikenal dengan selapan dilakukan dengan menyisipkan baja yang keras diantara dua baja yang lebih lunak dan tidak dilipat lagi,
      untuk penjelasan tentang kekerasan, mungkin sederhananya bisa saya jelaskan katana itu sudah dikeraskan sehingga lebih getas, tetapi lawannya adalah baja yang memiliki ketangguhan lebih tinggi, penjelasan lain bisa dilihat di http://pisauku.blogspot.com/2010/01/pisau-yang-bagus-sering-diidentikkan.html, malah tambah bingung ya..:D

      Delete
  60. Kalo bahan yg bagus untuk bikin pisau ayam aduan bagusnya pakai apa? Agar tajam sama daging dan tulang, biar tajamnya tahan lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah coba bikin untuk pisau adu ayam mas maaf...jadi belum pernah review

      Delete
  61. Kang Gianjar,
    Saya punya beberapa pisau besar, diantaranya merk Elk Ridge dan Tramontina. keduanya dari bahan stainless stell (kemungkinan besar 440a/b). Saya kurang puas dengan performanya karena cepat tumpul dan harus sering diasah.
    Saya juga punya pisau tebas buatan pande besi lokal dari bahan baja per, yang ini justru terlalu rapuh, gampang gompal atau patah ujungnya. atau justru sebaliknya terlalu lembek dan tidak tajam (belum pernah dapat yang pas kekerasan dan keuletannya).
    Penggunaan sehari hari sebagai pisau kebun, untuk potong kayu, bambu, tulang dll.
    1. sebenarnya saya lebih suka tinggal beli daripada harus bikin atau pesan ke pandai besi, lebih cepat, tinggal pilih model dan ukuran. Brand apa yang akang sarankan untuk kebutuhan saya itu?
    2. ditempat saya (jogja) susah untuk menemukan bahan pisau yang bagus (baja 01,D2,440C,dll) ditambah susah juga cari pembuat pisau yang mumpuni (belum nemu). Jika saya harus membuat sendiri, bahan apa yang cocok dibuat pisau besar dengan cara stock removal untuk kebutuhan saya itu?
    3. Atau mungkin ada saran yang lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. om Dab Yenk yang ganteng...
      pemilihan bahan memang krusial untuk pisau yang tepat, disamping katakanlah ada miss dalam produksi massal atau kekurang konsistenan dalam produksi custom, cuman biasanya ada kelebihan untuk pembuatan custom apalagi kalau yang buat deket rumah yaitu pilih bahan sesukanya, pilih model seenaknya heat treatmen semaunya sampai kita dapet pisau yang sesuai dengan keinginan kita, langsung ke pertanyaan
      1, sampai saat ini untuk keperluan chopping saya selalu menyarankan Crowell/Barker Competition Chopper, satu-satunya pisau yang saya tahu didesain untuk perlombaan, tentu saja untuk keperluan sehari-hari terlihat/terdengar terlalu overkill tapi untuk apa saya sarankan sesuatu yang coba-coba,.. kelemahannya hanya pada harga dan rentan karatnya... lainnya banyak review positif dari seluruh dunia di youtube untuk pisau ini
      2. untuk pisau besar/chopping saya sarankan 440 atau D2 dengan dengan asumsi O1 tang terlalu getas, walau saya sendiri penrnah bikin dari O1 dan bertahan beberapa kompetisi chopping, bahan paling disarankan hingga saat ini,.. Per, Baja Sleipner, DC 53 dan baja-baja sekelas yang memiliki ketangguhan cukup dan tinggi
      3. saran lain, golok yang ada ditemper ulang, caranya masukin ke oven kue 1 jam pada suhu 250 derajat, tunggu dingin diulang 2 kali....beberapa rekan sudah mencoba hal ini dan hasilnya bagus...
      semoga berkenan

      Delete
    2. Terima kasih pencerahannya, akan saya coba saran-sarannya.
      Sangat membantu saya

      Delete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. Aslmualaikum.. saya mau taxa. Katana dr bahan baja per cacing. Kualitasnya tergolong bgaimn...? Trima kasih. Para senior admin sini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya pribadi bahan yang paling standar untuk bisa dibuat katana dan pisau besar lainnya adalah grade spring steel,..punya ketangguhan yang cukup dan apabila dikerjakan dengan Heat Treatment baik akan menghasilkan katana yang bisa digunakan,.. kelemahannya pada umumnya mudah berkarat saja.

      Delete
  64. kalo baja aisi 304 bagus gak gan buat pisau?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf agak telat jawab,... saya belum pernah pakai karena kurang keras oum....

      Delete
  65. Salam,
    Bahan quenching yg saya tahu dan sering dipakai adalah air, oli dan air garam. Aapa perbedaan fungsi dan hasil dari masing2 bahan tersebut?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahan quenching pada dasarnya dibagi atas fast medium sama slow...kalau harus air dan air garam itu termasuk fast, oli medium to slow, kalau dari fungsi sama saja untuk quenching, kalau hasil semua yang kategori fast proses pendinginannya cepat dengan panas yang sama akan menghasilkan besi yang lebih keras tetapi lebih getas, kurang lebihnya seperti itu... satu hal lagi media quenching selain yang disebut diatas bisa juga oleh udara, semua itu tergantung dari bahan apa yang digunakan dan pada umumnya setiap baja memiliki media quanching masing-0masing untuk memperoleh material properties yang diharapkan
      semoga berkenan

      Delete
  66. Buat bro dan sist yang lagi mencari pisau top Jepang dan Jerman dengan bahan terbaik, dengan jaminan keaslian, harga terjangkau silakan kunjungi: https://m.tokopedia.com/kevinxu
    Semoga berguna buat Anda yang sedang mencari pisau bermutu tinggi. Terima kasih

    ReplyDelete
  67. bahan pembuatan pisau sangat beragam, tetapi produk hasil sampai saat ini sangat minim, sehingga para kolektor biasanya cukup kesulitan mencari pisau dengan karakteristik khusus, seandainya toh ada biasanya sudah dibuat pabrikan, pisau yang cukup berkarakter dan mudah didapat adalah produk Victorinox dimana lebih spesifik pada family tools sedang outdoornya kurang, untuk Smith & Wesson lebih ke outdoor dr pd family tool, mengenai ketajaman pada umumnya masing-masing sudah memiliki kelebihan, dimana Vic. lebih pada ketajaman yang landai (sudut lebih lancip) dengan ketebalan bilah yang tipis sehingga memberikan kemudahan dalam fillet & bonning, sedangkan u/ S&W lebih pada kekuatan dengan sudut ketajaman lebih besar dan bilah pisau yang tebal sehingga andal pada outdoor, saya contohkan hanya pada dua produk tersebut yang ektreem pada dua macam penggunaan utama yaitu pada indoor dan outdoor, untuk produk lainnya tinggal menentukan fungsi dari pisau tersebut, perlu diketahui pisau adalah alat yang memiliki spesifikasi khusus, dimana pisau tidak bisa digunakan pada range spec. yang lebar, seandainya ingin memiliki pisau yang berkarakter indoor dan outdoor harus bisa mengawinkan dua spec. pisau tersebut, hal ini para bladesmith sudah mulai mengaplikasikan model Damaskus, dimana menggunakan dua jenis logam yang berbada dan di rekayasa sampai menemukan karakteristik yang diidamkan, contoh dengan dua jenis logam (putih dan hitam) ditempa dan diproses sedemikian rupa sampai menghasilkan labisan optimum ( biasanya pada 256 lapisan sampai 1024 lapisan)dengan demikian pisau tersebut sangat berkarakter : outdoor-indoor, tajam, kuat, mudah diasah, bernilai seni sangat tinggi, karakter pemilik akan lekat pada pisau dambaan tersebut,... he,,,,,, he,,,,,,,, he

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya di Indonesia saat ini ada knifemaker/bladesmith lokal yang sudah bisa membuat pisau dengan bahan diatas 420 yang dipakai untuk vic dan 440 C nya S&W, setahu saya ada yang sudah mengaplikasikan berbagai varian AISI D2, Sleipner dan setaraannya, W2 dan setaraannya dan bahan lainnya, kualitas fit n finish mereka juga bagus,... nah saya jadi ada ide untuk tulisan berikutnya,... daftar pembuat pisau dan contohnya...:D segera tampil deh..:D

      Delete
  68. salam kenal akang.
    saya ada kulit bekas bearing kalau di bentang panjangnya bisa 40 cm apakah bagus dan ulet kalau di buat gologk

    terimakasih akang akang

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik dari per, punya ketangguhan dan ketahanan karat yang bagus...:D kalau ada bijinya lebih baik..:D

      Delete
  69. newbie nanya nih gan
    klo baja karbon bagus buat perkakas? ex: obeng, kunci inggris, dll
    trimd

    ReplyDelete
    Replies
    1. baja dengan karbon diatas 0,9% umumnya bagus untuk dibuat pisau, permasalahannya kita tidak bisa mengecek secara visual baja tersebut bagus atau nggak..:D satu-satunya cara adalah mencobanya..:D

      Delete
    2. thanks gan, ada mitos klo baja/besi dilumurin oli trus dibakar dikompor jadi makin kuat bener ga tuh? ilmiah ga? haha

      Delete
  70. Gan ane punya tmen,dia punya pisau sangaaaat tajam,saking tajamny pisau ane yg pisau biasa bhanya bisa di potong kaya motong timun,,tpi ini serius gan,,kira2 dia pake baja apa ya cos ane tanya bikin di mana jwabny rahasia mohon bntuannya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tajam, keras, tangguh itu hal yang berbeda,...tajam itu berhubungan dengan gaya tekan, luas penampang kontak dan kekerasan bahan, bisa saja baja dipotong oleh baja lain dengan syarat baja pemotong memiliki ketajaman, kekerasan dan ketangguhan diatas baja yang dipotong, contohnya pisau buat pahat bubut, saat memenuhi syarat gaya, kekerasan dan ketangguhan tadi bisa dipakai menyayat besi lain, bahan yang dipakai dari golongan Toolsteel, D2, HSS termasuk di dalamnya.

      Delete
  71. Wah.. bermanfaat sekali ilmunya gan.?
    BTW nama akun fb nya apa gan.?

    ReplyDelete
  72. selamat siang mas ?
    nhe mau minta bantuan nhe kalau ada yang tau bisa kirm bahan untuk membuat pisau komando tw apa saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak sengaja menyediakan bahan oum... silahkan gugling Rimba Insantek untuk daerah bandung

      Delete
  73. Gan,bahan eceran d2/o1 di mana gan yg jual tuk tangerang&skitarnya mohon jwabnny kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk daeran tangerang saya kurang hafal mas... kalo bandung coba gugling rimba insantek, mudah-mudahan ada cabang di kota lain

      Delete
  74. Salam kenal boss,saya mau tanya juga...kalau besi paku rel kereta api bagus ngk untuk buat pisau lapah daging?dan mau tau juga dgn kualitas tajam nya. Makasih itu sj pertanyaan saya boss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga maaf telat nih... di Amerika sono ada aliran railwayspike knife, bahan yang dipake yaa paku rel bekas dan karakternya mirip menggunakan bahan baja per.. layak untuk dibuat pisau dan mampu mempertahankan ketajaman cukup baik apabila di lakukan heat treat dengan baik..

      Delete
  75. Assalamualaikum om gianjar saribanon.waah kita sama2 alumni penerbangan ya?sy dr penerbangan pgri blok m.mau tanya nih om...saya pernah dengar dr teman ada bahan vanadis dan vancroon.utk dibuat menjadi golok.apakah hasilnya lebih baik daripada per bekas (willys)...?mohon pencerahannya?
    Juga saya ada niat mau bikin golok chopper berbahan W2.dimana ya di jkt mencari bahan W2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam... KAPALL ,,, heuheuehuheu.. vanadis dan vancron adalah merk dagang dari bohler-uddelholm ada banyak seri dari vanadis tapi pada dasarnya bahan ini adalah toolsteel, yaa sederhananya bahan untuk bikin mata potong, ketahanan karat dan ketangguhannya lebih baik dari baja per.
      W2 bisa diakali dengan penggunaan kikir bekas (kalau kikirnya berbahan W2) karena beberapa merk kikirmenggunakan bahan W2, untuk di jakarta di sekitaran pondok cabe ada Kampus Bambu ( bisa disearch di fb) mudah-mudahan empunya punya stok W2...

      Delete
  76. bisa ngasi link distributor circular saw merk karnasch gan..?
    at nama toko juga bisa gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh maaf oum saya nggak ada channel ke barang yg dimaksud

      Delete
  77. Samurai from Japan has been known since time immemorial. And even today is still preferred by many people
    togel singapore

    ReplyDelete
  78. mau tanya gan kalau besi chainsaw itu termasuk baja apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. chainsaw bar, bagus koq untuk pisau saya punya satu dan masih suka saya pake sampe sekarang, untuk jenis bahannya sendiri berbeda-beda, tapi perhatikan saat ini ada chainsaw bar yanghanya dikeraskan bagian rantainya saja

      Delete
  79. kang nanya ni.. kalo buat pedang dari besi kunci vanadium steel, giman ya jadi nya?

    mohon pencerahannya?????
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus koq.. bisa dipakai, punya keuletan dan ketangguhan yang bagus..

      Delete
  80. Yang butuh bahan untuk buat pisau, tersedia plat per rejectan dr pabrik. Harga 6000-8000 /kg, tergantung panjang pendeknya. Tersedia puluhan ton. Hub. 08123041175. Trims admin.

    ReplyDelete
  81. Mantaap kang artikel & komennya keren, kang punten saya mw tanya klo utk bahan pedang bagus bearing atau per y kang?sm perbandingan kandungan bajanya sama atau tidak y kang?kaya Bearing truk msknya baja apa & per truk apa gt kang? Kelemahan & kelebihan nya..haturnuhun pisan kang lop yu pull lah pokonamah

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua-duanya bagus.... pilihan tertinggi jatuh ke bearing kecuali kalau harganya disana mahal, kalau per umumnya manggunakan baja karbon biasa,tapi kalau bearing umumnya sudah ada paduan lain yang membuatnya tahan gesekan, tangguh dan tahan karat

      Delete
  82. bar chainsaw merk powerMAX itu bagus gak ketajamannya buat pedang gan

    ReplyDelete
  83. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  84. Kang Gianjar dan para hobbiest, saya memiliki bahan pelat Hardox 500 dan berniat membuat pisau/golok dari bahan ini. Barangkali kang Gia dan para hobbiest ada yang tahu cara melakukan Hardening terhadap material Hardox 500 (dan atau Bisplate 500), saya sangat berharap mendapatkan pencerahan bagaimana melakukan Hardening bahan ini. Kebetulan saya memiliki sebilah golok yang amat tajam yang terbuat dari bahan Bisplate 500 (kata penjualnya-OLSHOP). Terimakasih banyak atas petunjuk dari kang Gia dan para hobbiest. Btw, siapa tahu ada yang berminat untuk mendapatkan baja jenis ini, saya akan memberitahukan tempatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hardox kalau saya tidak salah baca adalah baja buatan SSAB Swedia, yang kekerasannya mencapai setelah HT berkisar 500 HBW atau setara dengan lebih kurang 51 HRC, saya sendiri belum pernah mengerjakan baja ini, saran saya pakai minyak goreng dulu setelah mencapai suhu bagnetis, apabila kurang keras lakukan quenching bertingkat denga menggunaka air lalu minyak goreng... semoga berhasil

      Delete
    2. Terimakasih banyak atas penjelasannya Kang, saya akan mencobanya.

      Delete
  85. Mas mau nanya tingkatan baja bohler dari Jerman kalau dibuat katana itu bagaimana, apakah bohler ini salah satu bahan terbaik atau sangat bagis

    ReplyDelete
    Replies
    1. bohler itu nama pabriknya mas,tidak semua baja bohler bisa cocok untuk pisau...untuk pisau bisa menggunakan daftar yang ada di web nya bohler di bagian coldwork tool steel... semua baja di list itu pada umumnya bagus untuk dipakai membuat pisau
      http://www.bucorp.com/cold_work.htm

      Delete
  86. Mau nnya gan untuk type ini ,"traditional Japanese style triple layered SK steel blade" gimana ya ?,untuk keuletan,tahan banting,mempertahankan tajam dan kekuatan apabila di pukul bagian atasnya gimana?
    Semoga di jawab ya juragan (Folding knife merk Higonokami type 08BL)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Higonokami Jangan Dipukul atasnya..... itu jawaban pertama...karena tidak didesain untuk itu
      lalu untuk triple layer ini dilakukan agar bagian core yang getas bisa ditahan oleh layer baja yang lebih ulet, dan umumnya pisau yang menggunakan ini pisau-pisau unyuk menyayat, saya punya satu pisau higonokami dengan core aogami, dan sampai saat ini pisau itu enak dipakai, tajamnya relatif tahan walau akhirnya harus diasah

      Delete
  87. mas mau tanya, untuk standar nilai kekerasan dan nilai ketangguhan dari pisau yang baik itu berapa yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau punya HRC tester, kisaran 51-57 HRC sudah bagus, tapi kalau nggak... dicoba aja oum..:D

      Delete
  88. mau tanya gan, saya mau cari plat baja tipis tebalnya sama dengan meteran ,bisa agak tebal dikit ndak apa apa ,yang penting bisa dirol terus keluar lagi tetap kaku seperti meteran yang punya tolong hub, saya di no wa 08121656732

    ReplyDelete
  89. Ass.. Maaf kang sya boleh mnta kontak person nya gk

    ReplyDelete
  90. Ass.. Maaf kang sya boleh mnta kontak person nya gk

    ReplyDelete
  91. sore om, kalo untuk waktu pencelupan baja ke oli (penyepuhan) ada waktu yang pakem g ?
    misal berapa detik gitu atau nunggu apinya padam .
    bahan yang saya gunakan plat baja pick up .
    terimakasih sebelumnya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau "pakem" nya selalg disertakan bersama bahan dan bisa diminta ke toko baja berupa datasheet uituk masing-masing baja, untuk proses quenching umumnya sampi suhu berada di bawah 200 derajatsampai suhu ruang

      Delete
  92. Gan..mau tanya kalau bahan baja putih dan per cacing untuk golok bagus mana ketahanan dan mudah ngasahnya?

    ReplyDelete
  93. permisi gan, plat baja JIS SKD11 setara AISI D2 ukuran 5x50x400mm

    konidis baru
    https://www.bukalapak.com/p/industrial/tools/bwy5ms-jual-tool-steel-jis-skd-11-plat-baja-high-carbon-skd-11-setara-aisi-d2-hitachi-sld2-bohler-k110?keyword=

    ReplyDelete
  94. Mao tanya ama agan2. Untuk pisau bowie adakah yg kuat untuk tebas2/atau tebas paku? Dimana bisa liat2 prodaknya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh maaf ileum saya belum campe bikin pisau tebas paku

      Delete
  95. Mau nanya kalau besi eser bagus ngga buat bahan sabit?

    ReplyDelete
  96. Terima kasih untuk info mengenai baja ringannya. Sangat membantu

    ReplyDelete
  97. Met malam kang,mau tanya ada referensi pembuat pisau u keperluan dimesin buatan jepang, info bahan pisau skh51, mksh sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk pekerjaan mesin saya belum bisa merekomendasikan karena belum hafal.

      Delete
  98. Kang mau tanya, utk bahan pisau golok sembelih sebaiknya pakai bahan apa yg recomended? Saya bingung atara pilihan bohler k110,D2,vanadis8, atau HSS? Mohon pencerahannya kang,matur suwun🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  99. Klo baja murni bagus tidak di buat pisau

    ReplyDelete